2 Modal Bisnis Fundamental Cara Membangun Bisnis yang Kokoh Sekuat Beton Modal Kecil Bahkan dengan 0 Rupiah Sekalipun

Untuk membangun bisnis online yang besar nan kokoh itu tidak harus selalu diawali dengan modal besar, tetapi juga bisa dilakukan dengan modal bisnis yang kecil bahkan tanpa modal sama sekali (materi).

“Ah yang benar saja, dimana-mana bisnis itukan butuh modal walaupun itu kecil, bagaimana bisa Anda mengatakan bisnis tanpa modal sama sekali ?”

Sanggahan yang bagus Kawan, dan memang benar apa yang Anda katakan, semua bisnis butuh modal tak terkecuali bisnis online baik itu dengan modal yang besar, sedang, sampai yang kecil.

Banyak orang yang terkecoh dengan beberapa iklan, program, hingga artikel bisnis di internet yang kemudian mereka menyalahkan dan membenarkan begitu saja tanpa filterisasi pernyataan yang menyebutkan kurang lebihnya seperti ini:

“Bisnis online tanpa modal hasil insant”

“Semua bisnis internet itu butuh modal”

Dan bla bla bla bla bla bla……..

Lantas manakah dari -pernyataan – pernyataan tersebut yang benar ?

Jawabannya sederhana, bisa benar,  bahkan bisa salah semuanya. Semua tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya (kondisional).

Ok lanjut Kawan, untuk mendapatkan jawaban lebih utuh, yuk kita simak penjelasan berikut ini:

1. Modal Bisnis Material

Anda pasti sudah tidak asing dengan hal ini. Ya, modal bisnis berbentuk materi dalam hal ini adalah uang. Sampai saat ini uang merupakan salah satu modal bisnis yang sangat fundamental.

Bahkan sebagian orang mengatakan: “Gunakan kekuatan uang untuk mendapatkan uang”. Ya, dengan menggunakan modal uang bisnis Anda bisa melaju lebih kencang. Semua kebutuhan dan pekerjaan yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri bisa selesai lebih cepat dengan kekuatan uang ini.

Ambil contoh ketika Anda melakukan kegiatan promosi dengan submit di iklan-iklan baris, kegiatan yang seharusnya bisa Anda lakukan sendiri bisa lebih cepat bahkan otomatis dengan uang yang Anda anggarkan untuk beriklan premium atau membeli PPC.

Hasilnya bagaimana ?

Tentu saja dengan segala kelebihannya promosi iklan premium jauh lebih efektif dibanding yang gratisan. Kita tidak bisa mengingkari bahwa kekuatan uang untuk mendapatkan uang masih sangat dahsyat. Kalau Anda memang ada dana, jangan takut mengeluarkannya jika itu memang bisa membuat bisnis Anda lebih cepat menghasilkan.

Resikonya ?

Bisnis apa sih yang tidak ada resikonya, semua bisnis mempunyai resiko termasuk anggaran Anda dalam promosi, tapi setidaknya resiko tersebut bisa Anda minimalisir sekecil mungkin.

Kalau memang dengan uang yang Anda keluarkan bisa lebih menghasilkan kenapa harus takut ? Benarkan, dengan syarat modal yang Anda anggarkan telah melalui pertimbangan yang matang.

2. Modal Bisnis Non Material

Bagaimana jika modal materi (uang) sedikit bahkan tidak punya modal uang sepersenpun ?

Gunakan saja semua sumber daya yang Anda miliki atau jual diri Anda. Maksud saya menjual diri di sini adalah dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada. Dari skill, kemauan untuk bekerja keras dan semua kelebihan yang Anda punya.

Modal bisnis non material ini bisa meliputi:

– Waktu
– Tenaga
– fikiran
– Tanggung jawab
– Bisa dipercaya
– Explore kreativitas IDE
– Berani
– Memperdayakan semua kelebihan (nilai tambah)
– DLL

Ya, itulah beberapa modal bisnis non material yang bisa Anda perdayakan. Memang akan lebih dahsyat jika modal material ditandemkan dengan modal non materail ini. Tapi apa mau dikata, karena memang modal pasa-pasan, ya terpaksa harus berani bertarung bebas menggunakan modal non material ini.

Menjawab pertanyaan sebelumnya, “mungkinkah membangun bisnis dengan bisnis tanpa modal sama sekali alias gratis tis…?”

Tentu saja bisa, “caranya ?”

Ingat, yang saya maksud pengertian bisnis modal gratis di sini adalah bukan berarti tanpa modal sama sekali, tetapi modal gratis yang dimaksud di sini adalah modal non material.

Misalkan saja jika Anda tidak ada modal uang sama sekali tapi ingin membangun bisnis internet yang besar nan kokoh, jangankan koneksi internet, komputerpun tidak punya. Maka hal yang bisa Anda lakukan adalah memulainya dari nol dengan memberanikan diri bila perlu nekat untuk melamar pekerjaan yang di sana terdapat akses internet.

Mungkin Anda bisa cari pekerjaan offline (sementara) yang di sana Anda diberi kebebasan untuk browsing internet seperti misalnya melamar menjadi operator warnet, menjadi staff ataupun karyawan yang diberi fasilitas bebas menjelajah internet, atau apapun itu. Intinya adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan akses internet gratis.

Jika Anda diterima, bersyukurlah kepada-Nya. Karena dari sinilah awal karir online entrepreneurship Anda dimulai. Manfaatkaanlah sebaik mungkin waktu Anda yang ada, bagaimanapun juga ruang gerak Anda tetap dibatasi karena memang akses internet dan komputer adalah milik perusahaan atau bos.

Sudah banyak kisah-kisah pebisnis internet Indonesia yang memulai karir onlinenya dari nol bahkan sebagian mereka melakukan dari mulai hanya sebagai penjaga warnet. Tapi lihatlah apa yang terjadi, seiring bergulirnya waktu dengan hanya modal petarung bebas, nekat, ulet, kerja keras, dan keyakinan, semua berbuah manis. Dan kini Ia bisa mendirikan perusahaan di dunia maya sendiri dengan konsumen dari dalam maupun luar negeri.

Hebat bukan…

Bagaimana dengan Anda ?

Apakah Anda lebih banyak mengandalkan modal yang pertama atau yang kedua, atau bahkan kedua-duanya ?

Saya tunggu jawaban Anda.

BISA !

25 Responses to “2 Modal Bisnis Fundamental Cara Membangun Bisnis yang Kokoh Sekuat Beton Modal Kecil Bahkan dengan 0 Rupiah Sekalipun”

  1. KUSWAN Says:

    Bener Mas umar, kadang kita perlu nekat juga kalau udah mentok ga punya modal, yang penting jangan melanggar hukum, “The power is kepepet” he,he,he………,


  2. Nugraha Says:

    Kalau saya, untuk saat ini masih menggunakan cara kedua, tapi setelah dipikir2, kadang tidak ada hasil tanpa pengorbanan (bagi saya pribadi), jadi mungkin utk selanjutnya, saya akan tempuh cara pertama juga 🙂


  3. majikan uang Says:

    thats right bang umar. kedua cara perlu di tempuh, salam action


  4. noto Says:

    Makasih infonya mas


  5. marijono Says:

    Faktor pendongkrak agar bisnis kita cepat berkembang yakni tetap uang.


  6. Artikel Internet Says:

    Wuihh…artikelY maut bangetz bang Umar..,sangat memotivasi para pembaca, seperti kata-kata ini : “hanya modal petarung bebas, nekat, ulet, kerja keras, dan keyakinan, semua berbuah manis”. mantab..! Thanks.,Nice artikel,
    salam spirit…! Bisa…!


  7. Artikel Internet Says:

    Oh..iya mas umar..,izin Share ArtikelY ya…


  8. saungbisnis Says:

    betul sekali mas umar, bisnis butuh modal sekalipun modal yang dibutuhkan itu adalah modal non material seperti yang saya tawarkan di bisnis baru saya. bukan begitu???


  9. yusi Says:

    Bagus , memang mas kalo kita banyak modal harusnya pilih yang pertama tetapi saya rasa cara pertama belom 100% optimal tanpa ada keseimbangan dengan cara kedua. Untuk sukses kedua cara tersebut sebaiknya diterapkan.
    salam sukses


  10. promosi online internet Says:

    modal uang dan non uang keduanya perlu apalagi untuk promosi online, jika digabungkan menjadi ‘pondasi’ yang kuat untuk berbisnis di internet


  11. Miliarder Afiliatte Says:

    Setuju Mas Umar…
    Yang penting niat dulu…lalu action…rezeki pasti ngalir!


  12. Pelet Ampuh Says:

    Betul….betul….betul…..!!!


  13. Irwan Sinaga Says:

    kenalilah dirimu maka kamu kenal Tuhanmu, setelah kenal Tuhanmu maka ‘binasalah dirimu’ inilah rahasia sebenarnya untuk menjadi sekuat beton, bahkan bajapun tanpa modal.

    olang balat banyak pakai istilah fokus dan aksi, kita pakai istilah istiqomah saja, wong meleka nyuri ilmunya dari timul, cuma beda teknologi aja.


  14. Rully Says:

    Thanks atas sharingnya.


  15. Yulian Says:

    Sangat bermanfaat…thanks.


  16. free internet Says:

    Sebenarnya gakada yang gratis….tapi biaya bisa di minimalir kalii…!
    Tapi bagi yang dah mahir(ilmunya tinggi) mungkin bisa…!


  17. networkrat elite Says:

    Salam Kenal, Semoga Sukses…!!!


  18. Pengertian Bisnis Internet Gratis | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    […] jika diberi arti sempit maka konotasinya akan mengarah ke tanpa uang, tanpa membayar, tanpa modal dan sebagainya. Tetapi jika kata “gratis” diberi makna luas, maka akan banyak memberikan […]


  19. aji martono, caleg jakarta, generasi mandiri, usaha modal kecil, syiar islam Says:

    Woah this particular website is actually superb everyone loves understanding your content. Remain in the great works of art! You currently know, many people are looking close to with this details, you can make them considerably.


  20. http://www.bbc.co.uk Says:

    Keylogger software allows you to read messages sent, emails
    written, websites visited and anything else typed on the keyboard.
    is a term often used as a catch-all term by many for computer worms, torjans, spwares, sneakers, sniffers,
    bots, adware, malwares, etc. The post graduate courses
    at SICSR are MSC CA and MBA IT.


  21. Phoebe Says:

    If it happened to you once or twice, the situation is crying
    out to you. You can play online public matches, you
    can do timed challenges, you can do one-off races in Free Play or you can jump in to the World Tour.
    No matter, exactly what is the frequency assortment that
    the interaction network provider supplies, if your stereo communication tools are well designed
    with an antenna, then regularity range is just one of those things,
    that you must be the very least bothered about.


  22. all natural Posh Cream Says:

    Oh my goodness! Incredible article dude! Thank you
    so much, However I am going through issues with your RSS.
    I don’t know the reason why I cannot join it. Is there anyone else
    getting identical RSS issues? Anyone that knows the solution can you kindly respond?
    Thanx!!

    Feel free to surf to my blog :: all natural Posh Cream


  23. Instant Lift Review Says:

    I was able to find good info from your blog articles.

    My homepage – Instant Lift Review


  24. lose weight with saffron extract Says:

    Leto, who won the Academy Award this year for “Dallas Buyers Club,” has credited
    the vegan diet for his age-defying good looks. Running to lose weight will help
    you to produce a cardiovascular workout that improves
    the function of the heart and strengthens and tones your lower body muscles.
    Every woman desires an hourglass body and a wrinkle free skin.


  25. green coffee for slimmers Says:

    Hi there to all, it’s truly a pleasant for me to visit this web
    page, it includes priceless Information.

    Here is my web site; green coffee for slimmers


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>