3 Cara Menulis Artikel dan Kembangkan Ide Anda

Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas mengapa kita sebagai pebisnis internet harus banyak (rajin) menulis. Dengan banyak menulis kita mendapatkan manfaat yang besar darinya, salah satunya adalah bisa meningkatkan kemampuan, apapun kemampuan itu, tergantung apa yang sedang kita tulis (geluti) dalam hal ini adalah bisnis internet.

Karena kita tahu bahwa sebenarnya menulis adalah kegiatan olahraga, dalam hal ini adalah olahraga otak (olah pikir), yang di dalamnya mengandung ide-ide (gagasan), imajinasi, inspirasi-inspirasi, dan ingatan.

Dengan semakin memperbanyak menulis maka secara tidak langsung kita membiasakan diri untuk terus mengasah otak, semakin terasah otak kita, maka semakin tajam kita dalam berfikir, dengan begitu secara otomatis akan bertambah pula kemampuan kita.

Namun yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara agar kita bisa dengan mudah menulis ?

Ide bisnis telah ada, keinginan untuk menulis kuat, motivasi menulis sangat banyak, lalu kenapa kok terasa sulit ketika hendak menulis ?

Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat

Soalnya terkadang orang mempunyai ide-ide yang bagus, tapi ketika ia mau menuangkannya dalam bentuk tulisan, ia bingung harus mulai dari mana.

“Ini dulu atau itu dulu ya..”,

Sehingga membuatnya bimbang lalu mengurungkan niatnya untuk menulis, inilah salah satu yang menjadi penghambat mengapa orang tidak mau menulis.

Pada dasarnya menulis itu mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, karena menulis itu sendiri merupakan bentuk komunikasi, sama halnya ketika kita berbicara, maka bicara itu sendiri merupakan komunikasi cuma beda jalurnya saja.

Berikut beberapa tips dan cara yang bisa membantu memperbaiki masalah di atas:

1. Yakin Pada Diri Sendiri

Keyakinan merupakan “pintu” yang akan membawa kepada kemudahan, tanpa rasa yakin, niscaya akan sulit bagi seseorang untuk mengatasi persoalan tak terkecuali menulis, rasa yakin merupakan aset yang berharga bagi seseorang dalam rangka meraih kesuksesan.

Rasa yakin akan datang bila kita telah bisa menghilangkan segenap keraguan yang ada pada diri, keragua-raguan bisa timbul karena berbagai hal, bisa dari rasa tidak percaya diri, kurangnya pemahaman terhadap materi, merasa dirinya lebih rendah dari orang lain dan sebagainya.

Oleh karena itu sebaiknya kita menghilangkan rasa rasa was-was di atas dengan cara membiasakan diri untuk selalu meyakini terhadap kemampuan diri sendiri, tentunya dengan banyak berlatih dalam hal ini melatih untuk selalu menulis.

2. Banyak Praktek (Sering berlatih)

Anda bisa mulai berlatih dengan cara membuat blog dan menulis artikel-artikel kecil yang tidak lebih dari 300 kata, menuangkan segala unek-unek yang ada dalam pikiran dan menjadikannya sebuah tulisan, bisa juga Anda tulis segala peristiwa yang sedang terjadi di sekeliling, menulis biografi diri Anda sendiri dan masih banyak lagi.

Jika sudah terbiasa menulis dan Anda sudah mulai yakin terhadap kemampuan anda sendiri, Anda bisa beranjak ke tingkat menulis lain, bisa membuat ebook marketing yang bisa Anda jual, menulis buku-buku dan mengajukannya pada penerbit, dan yang terpenting adalah Anda bisa berbuat banyak dengan kemampuan menulis yang Anda miliki.

3. Strategi Mengembangkan Ide

Bagaimana jika yang menjadi persoalan adalah agar tulisan tidak berhenti pada satu waktu itu saja, dan bagaimana agar ide (tulisan) terus mengalir ?

Rasa bingung ketika hendak menulis ataupun di tengah-tengan menulis sering menghantui, padahal ide telah ada dan telah berjalan sebagian, namun ketika di tengah-tengah menulis tiba-tiba kita mengalami kebuntuan. Apakah ini  mungkin yang Anda alami ? Berikut solusinya :

# Tuliskan Semua yang Ada dalam Fikiran

Saat memulai atau di tengah-tengah menulis terkadang otak mengalami kebuntuan dan kehabisan kosa kata, biasanya kita bingung, “mau mulai dari mana ya..” atau Anda bingung dalam penempatan kalimat “yang ini bagusnya di taruh di pendahuluan atau kesimpulan…???” Sehingga Anda masih berkutat di sekitar situ, edit sana edit situ sampai nggak terasa banyak waktu Anda yang tersita untuk itu.

“Waah..kalu begini caranya nggak bakal selesai-selesai nich”

Baiklah, untuk mengatasinya Anda perlu gunakan starategi cara menulis ini :

Tulislah semua apa yang sedang ada pikirkan !

Anda bisa menggunakan pertanyaan ini untuk menjawab kebingungan Anda,

Apa ?
Bagaimana ?
Mengapa ?
Kapan ?
Dimana ?

Nggak perduli itu nyambung atau tidak dengan tulisan sebelumnya, mau mulai dari pendahuluan, isi atau penutupan, biarkan saja, meski kurang titik, koma ataupun yang lainnya, pokonya tulis saja sampai Anda menemukan ritme kembali tulisan Anda.

Baru setelah Anda menulis semua, Anda bisa baca kembali mulai dari awal, dari sana Anda akan bisa melihat isi keseluruhan tulisan Anda mana yang kurang dan mana yang tidak enak dibaca, atau jika fikiran Anda masih beku, tinggalkan saja pekerjaan tersebut, biarkan fikiran berhenti sejenak, istirahat, kalau bisa keluar cari hawa yang bisa memulihkan fikiran Anda lagi atau apapun yang sekiranya bisa membuat Anda bisa fit lagi.

Dengan begitu, fikiran Anda akan jernih kembali dan Andapun bisa dengan mudah menulis lagi, Anda akan bisa melihat kekurangan-kekurangan dan mana yang tidak sedap dipandang mata.

# Perbanyak Membaca

Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan, semakin Anda banyak membaca semakin banyak pula ilmu yang anda dapatkan.

Banyak membaca akan menggali ide-ide yang terpendam, dengan membaca pula kita akan mendapat inspirasi-inspirasi yang bisa memecahkan persoalan, fikiran mudah terbuka, selain menambah wawasan juga bisa mendapatkan kosa kata-kosa kata baru untuk menambah perbendaharaan kata.

Memang ada opini yang menyebutkan bahwa kebanyakan membaca nggak membuat semakin pintar malah sebaliknya akan membuat bingung karena overload, apakah ini benar ? Bisa saja demikian, karena bisa saja orang demikian jarang mempraktekkan apa yang telah dibacanya sehingga ide-ide hanya bayangan dan mengambang begitu saja dan lama kelamaan hilang.

Mudah-mudahan Anda dan saya bukan termasuk orang seperti itu, apalagi jika dalam dunia internet marketing, maka selain teori (baca), juga yang sangat penting adalah harus sering praktek, makanya banyak orang yang gulung tikar dini dikarenakan ya tadi, banyak teori minim praktek.

Oleh karena itu jadikan membaca sebagi hobi dan jadikan dia sebagi teman yang selau bisa mengatasi segala persoalan, pepatah Arab mengatakan “La Samiiro Achsanu Minal Kitaab” tidak ada teman yang lebih baik selain kitab (buku).

44 Responses to “3 Cara Menulis Artikel dan Kembangkan Ide Anda”

  1. 3 Pelajaran Berharga Bagi Para Marketer Dalam Mencari Penghasilan Tambahan di Internet | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    [...] membangun kredibilitas… setidaknya anda bisa menulis artikel-artikel yang berkualitas seputar produk anda, sehingga ketika pengunjung suka dengan artikel yang anda [...]


  2. Ide Mengalir dengan Blogging | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    [...] dengan blogging itu sama halnya kita ditutut untuk bertanggung jawab dan berfikir keras terhadap ide-ide bisnis yang akan kita tuangkan dalam blog yang artinya itu sama halnya dengan mengasah otak kita agar [...]


  3. 7 Rahasia Blogging: Sebuah Rumusan Bagaimana Melipatgandakan Profit Bisnis Dengan Blog Hingga 5x Lipat | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    [...] blogging yang efektif, membuat blog Anda kharismatik, mengetahui apa yang di inginkan pengunjung, cara menulis artikel yang kreatif, 22 tips posting yang menarik, mengikat pembaca agar tidak pergi dari blog, upaya [...]


  4. Artikel Marketing Butuh Suplemen untuk Tampil Lebih Garang | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    [...] Anda bisa membacanya di: Cara Menulis Artikel [...]


  5. zheno2009 Says:

    tak praktekkan,,,tp sekali-kali di bantu donx…


  6. Tips SEO on Page dan SEO off Page Sederhana Untuk Melejitkan Website | Internet Marketing | Bisnis Online | Bisnis Internet Says:

    [...] jika Anda menulis artikel, usahakan membuat trackbacks dengan mengaitkan dengan artikel sebelumnya dengan ancor teks yang [...]


  7. bisnis2qta Says:

    saran yang bagus…


  8. Cara Meramaikan Website/Blog Tanpa Harus Promosi | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    [...] sulit karena memang belum terbiasa, tapi percayalah jika Anda rajin dan tekun, dengan sendirinya ide-ide menulis itu akan mengalir deras seperti disebutkan di atas. Dan Andapun tidak harus bingung kesana-kemari [...]


  9. SEO Contest: Trend Baru Promosi Bisnis di Internet | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    [...] bagi orang yeng menyebarkannya. Belum lagi para blogger yang mulai melakukan optimasi dengan menulis artikel yang secara tidak langsung memberi pengumuman yang juga akan dibaca pembaca setia blog [...]


  10. Percuma Belajar Bisnis di Mr Action Club…!! | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    [...] salah mengerjakan langkah yang memang sudah menjadi rutinitas Anda. Misalkan saja harus berani menulis artikel jika pekerjaan Anda adalah blogging, biarkan orang lain tidak suka, yang penting Anda menikmati [...]


  11. vacation Says:

    Thanx infonya.


  12. adhea Says:

    Oya sobat ,,trimakasih ya tips dan triknya sangat berguna. bisa minta tolong komentar juga ya di salah satu judul di blog aku. karena aku baru buat blog jadi ingin agar blog aku cepat di index google….

    Trimakasih


  13. selvia rabiia zahrah Says:

    menarik pembahasannya..
    bisa dipraktikan dalam menulis..terkait lagi pembahasan cara-cara untuk mengembangkan ide dalam menuangkannya dalam tulisan yang memang ada hubungnnya komuniksi massa di dalamnya..
    maksih ya..


  14. selvia rabiia zahrah Says:

    menarik pembahasannya..
    bisa dipraktikan dalam menulis..terkait lagi pembahasan cara-cara untuk mengembangkan ide dalam menuangkannya dalam tulisan yang memang ada hubungnnya komuniksi massa di dalamnya..
    maksih ya..selvias08@student.ipb.ac.id


  15. Perlukah Menulis di Blog/Web Orang ? | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    [...] Menulis di web orang juga akan menambah trafik bagi web kita, tentunya dalam artikel yang kita tulis menyertakan link yang akan kita pasarkan. [...]


  16. cozyblog Says:

    kunjungan pertama mas. tipsnya bagus mas…berguna bagi saya yang masih pemula


  17. hendra Says:

    makasih ya.. atas share ilmunya ………….


  18. Bookmarking Services Europe Says:

    Very good! Thanks for sharing this. I will unquestionably adhere to your guidline, sincerely.

    Regardless of this …
    Let us draw together all-around & celebrate the dawn of glowing Fresh New Year. Should it bring in gifts of joys, excellent healthiness and a lot of insightful surprises. Best wishes for a Delighted New Year.

    Best regards,
    Tamela Oakden
    Bookmarking Service Corporation


  19. Mutiara Pembelajar Says:

    salam penulis!


  20. Menonaktifkan komentar | Ganjar Widyantomo Says:

    [...] tertentu. Unchecklist Allow comments ini bisa Anda temukan di Dashboard setiap kali Anda mau menulis artikel baru, tepatnya di bawah area tempat Anda [...]


  21. Mutiara Pembelajar Says:

    artikel yang inspirastif…terimakasih


  22. Rina As Says:

    Trims untuk tipsnya
    sukses selalu…


  23. alphasudirman Says:

    tips2nya sangat bermanfaat akan sya cba,,trima ksh dan slm kenl


  24. ARTIKEL « hadi Says:

    [...] dari para penulis artikel online, ebook, dan para web master membuat saya sedikit tergelitik untuk menulis artikel ini. Siapa sih yang nggak risih atau mungkin bahkan “marah”, kalau artikel yang kita buat [...]


  25. Djuli Wismadi Says:

    Terima kasih atas masukannya, saya akan coba mulai mempraktekannya. Karena ide – ide memang sudah ada, tapi saya masih bingung dari mana saya memulainya.


  26. pulau tidung Says:

    trima kasih tips n trik menulisnya, langsung di praktekkan …..


  27. gerson Says:

    terima kasih tipnya ya gan saya suka tulisan yang mengenai
    apa?
    bagaimana?
    mengapa?
    kapan?
    dimana?
    tulisan tersebut menambah ide saya?


  28. adi susanto Says:

    saya sendiri megalami kesulitan saat menulis artikel , yang jelas jadi kendala saya sendiri kurang PD, mudah2 han ,,setelah membaca artikel ini membuat saya lebih PD ,


  29. 7 Rahasia Blogging: Sebuah Rumusan Bagaimana Melipatgandakan Profit Bisnis dengan Blog Hingga 5x Lipat | bisnissuparno.com Says:

    [...] blogging yang efektif, membuat blog Anda kharismatik, mengetahui apa yang diinginkan pengunjung, cara menulis artikel yang kreatif, 22 tips posting yang menarik, mengikat pembaca agar tidak pergi dari blog, upaya [...]


  30. bucek tidung Says:

    Tengkyu atas tips nya gan,,…


  31. pulau tidung Says:

    terimasih infonya ,,, sangat bermanfaat sekali untuk saya


  32. maulana yasir Says:

    matap sekali artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk saya sekali lagi thx ya gan


  33. fiter Says:

    sippp ok banget artikelnya


  34. yanti Says:

    terimaksih artikelnya sangat membatu saya


  35. Tina Says:

    terima kasih tips nya gan,,.


  36. ahmad Says:

    sangat bagus artikel nya,sangat membantu bagi saya


  37. yasir Says:

    oke keren banget infonya dan sangat menarik sekali ,,,,, terimaksih ya agan admin heee


  38. jamilah Says:

    sangat memuaskan sekali


  39. pulau tidung Says:

    terima kasih atas info nya semoga bermanfaat untuk kita semua


  40. Katrice Says:

    Today, I went to the beachfront with my kids. I found a sea shell and gave it
    to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed.
    There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but
    I had to tell someone!


  41. toko buku murah Says:

    It’s wonderful that you are getting ideas from
    this article as well as from our argument made at this time.


  42. Raditya Design Says:

    Siip, langsung dicoba ya. Mudah-mudahan berhasil nih.
    Thx.


  43. yossica tantia Says:

    Betul, sering-sering membaca membuat kita jadi lebih mudah dalam menulis artikel. Karena dalam menulis artikel membutuhkan wawasan yang luas yang bisa kita peroleh dari membaca. Selain itu juga kita jadi punya banyak referensi diksi dan topik yang menarik untuk artikel kita.


  44. Pulau Tidung Says:

    Peran artikel dalam bisnis internet memang ga diragukan lagi. Pengaruhnya sangat besar untuk bisa menaikkan trafik web kita. Oleh karena itu, cara menulis artikel yang baik dan efektif harus betul-betul kita pahami.
    Buat artikel berkualitas sebanyak-banyaknya, dan rasakan manfaat nyatanya pada website Anda.


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>