3 Cara Menulis Artikel dan Kembangkan Ide Anda

Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas mengapa kita sebagai pebisnis internet harus banyak (rajin) menulis. Dengan banyak menulis kita mendapatkan manfaat yang besar darinya, salah satunya adalah bisa meningkatkan kemampuan, apapun kemampuan itu, tergantung apa yang sedang kita tulis (geluti) dalam hal ini adalah bisnis internet.

Karena kita tahu bahwa sebenarnya menulis adalah kegiatan olahraga, dalam hal ini adalah olahraga otak (olah pikir), yang di dalamnya mengandung ide-ide (gagasan), imajinasi, inspirasi-inspirasi, dan ingatan.

Dengan semakin memperbanyak menulis maka secara tidak langsung kita membiasakan diri untuk terus mengasah otak, semakin terasah otak kita, maka semakin tajam kita dalam berfikir, dengan begitu secara otomatis akan bertambah pula kemampuan kita.

Namun yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara agar kita bisa dengan mudah menulis ?

Ide bisnis telah ada, keinginan untuk menulis kuat, motivasi menulis sangat banyak, lalu kenapa kok terasa sulit ketika hendak menulis ?

Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat

Soalnya terkadang orang mempunyai ide-ide yang bagus, tapi ketika ia mau menuangkannya dalam bentuk tulisan, ia bingung harus mulai dari mana.

“Ini dulu atau itu dulu ya..”,

Sehingga membuatnya bimbang lalu mengurungkan niatnya untuk menulis, inilah salah satu yang menjadi penghambat mengapa orang tidak mau menulis.

Pada dasarnya menulis itu mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, karena menulis itu sendiri merupakan bentuk komunikasi, sama halnya ketika kita berbicara, maka bicara itu sendiri merupakan komunikasi cuma beda jalurnya saja.

Berikut beberapa tips dan cara yang bisa membantu memperbaiki masalah di atas:

1. Yakin Pada Diri Sendiri

Keyakinan merupakan “pintu” yang akan membawa kepada kemudahan, tanpa rasa yakin, niscaya akan sulit bagi seseorang untuk mengatasi persoalan tak terkecuali menulis, rasa yakin merupakan aset yang berharga bagi seseorang dalam rangka meraih kesuksesan.

Rasa yakin akan datang bila kita telah bisa menghilangkan segenap keraguan yang ada pada diri, keragua-raguan bisa timbul karena berbagai hal, bisa dari rasa tidak percaya diri, kurangnya pemahaman terhadap materi, merasa dirinya lebih rendah dari orang lain dan sebagainya.

Oleh karena itu sebaiknya kita menghilangkan rasa rasa was-was di atas dengan cara membiasakan diri untuk selalu meyakini terhadap kemampuan diri sendiri, tentunya dengan banyak berlatih dalam hal ini melatih untuk selalu menulis.

2. Banyak Praktek (Sering berlatih)

Anda bisa mulai berlatih dengan cara membuat blog dan menulis artikel-artikel kecil yang tidak lebih dari 300 kata, menuangkan segala unek-unek yang ada dalam pikiran dan menjadikannya sebuah tulisan, bisa juga Anda tulis segala peristiwa yang sedang terjadi di sekeliling, menulis biografi diri Anda sendiri dan masih banyak lagi.

Jika sudah terbiasa menulis dan Anda sudah mulai yakin terhadap kemampuan anda sendiri, Anda bisa beranjak ke tingkat menulis lain, bisa membuat ebook marketing yang bisa Anda jual, menulis buku-buku dan mengajukannya pada penerbit, dan yang terpenting adalah Anda bisa berbuat banyak dengan kemampuan menulis yang Anda miliki.

3. Strategi Mengembangkan Ide

Bagaimana jika yang menjadi persoalan adalah agar tulisan tidak berhenti pada satu waktu itu saja, dan bagaimana agar ide (tulisan) terus mengalir ?

Rasa bingung ketika hendak menulis ataupun di tengah-tengan menulis sering menghantui, padahal ide telah ada dan telah berjalan sebagian, namun ketika di tengah-tengah menulis tiba-tiba kita mengalami kebuntuan. Apakah ini  mungkin yang Anda alami ? Berikut solusinya :

# Tuliskan Semua yang Ada dalam Fikiran

Saat memulai atau di tengah-tengah menulis terkadang otak mengalami kebuntuan dan kehabisan kosa kata, biasanya kita bingung, “mau mulai dari mana ya..” atau Anda bingung dalam penempatan kalimat “yang ini bagusnya di taruh di pendahuluan atau kesimpulan…???” Sehingga Anda masih berkutat di sekitar situ, edit sana edit situ sampai nggak terasa banyak waktu Anda yang tersita untuk itu.

“Waah..kalu begini caranya nggak bakal selesai-selesai nich”

Baiklah, untuk mengatasinya Anda perlu gunakan starategi cara menulis ini :

Tulislah semua apa yang sedang ada pikirkan !

Anda bisa menggunakan pertanyaan ini untuk menjawab kebingungan Anda,

Apa ?
Bagaimana ?
Mengapa ?
Kapan ?
Dimana ?

Nggak perduli itu nyambung atau tidak dengan tulisan sebelumnya, mau mulai dari pendahuluan, isi atau penutupan, biarkan saja, meski kurang titik, koma ataupun yang lainnya, pokonya tulis saja sampai Anda menemukan ritme kembali tulisan Anda.

Baru setelah Anda menulis semua, Anda bisa baca kembali mulai dari awal, dari sana Anda akan bisa melihat isi keseluruhan tulisan Anda mana yang kurang dan mana yang tidak enak dibaca, atau jika fikiran Anda masih beku, tinggalkan saja pekerjaan tersebut, biarkan fikiran berhenti sejenak, istirahat, kalau bisa keluar cari hawa yang bisa memulihkan fikiran Anda lagi atau apapun yang sekiranya bisa membuat Anda bisa fit lagi.

Dengan begitu, fikiran Anda akan jernih kembali dan Andapun bisa dengan mudah menulis lagi, Anda akan bisa melihat kekurangan-kekurangan dan mana yang tidak sedap dipandang mata.

# Perbanyak Membaca

Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan, semakin Anda banyak membaca semakin banyak pula ilmu yang anda dapatkan.

Banyak membaca akan menggali ide-ide yang terpendam, dengan membaca pula kita akan mendapat inspirasi-inspirasi yang bisa memecahkan persoalan, fikiran mudah terbuka, selain menambah wawasan juga bisa mendapatkan kosa kata-kosa kata baru untuk menambah perbendaharaan kata.

Memang ada opini yang menyebutkan bahwa kebanyakan membaca nggak membuat semakin pintar malah sebaliknya akan membuat bingung karena overload, apakah ini benar ? Bisa saja demikian, karena bisa saja orang demikian jarang mempraktekkan apa yang telah dibacanya sehingga ide-ide hanya bayangan dan mengambang begitu saja dan lama kelamaan hilang.

Mudah-mudahan Anda dan saya bukan termasuk orang seperti itu, apalagi jika dalam dunia internet marketing, maka selain teori (baca), juga yang sangat penting adalah harus sering praktek, makanya banyak orang yang gulung tikar dini dikarenakan ya tadi, banyak teori minim praktek.

Oleh karena itu jadikan membaca sebagi hobi dan jadikan dia sebagi teman yang selau bisa mengatasi segala persoalan, pepatah Arab mengatakan “La Samiiro Achsanu Minal Kitaab” tidak ada teman yang lebih baik selain kitab (buku).

57 Responses to “3 Cara Menulis Artikel dan Kembangkan Ide Anda”

  1. Bisnis Bio Spray Gold MSI Says:

    Jadi tambah ilmu nih


  2. Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal Says:

    Memang ide harus dikembangkan


  3. Bisnis Firmax3 Indonesia Says:

    Banyak dapat ilmu stlh membaca artikelnya


  4. Cara Sukses di Bisnis MLM Via Online Says:

    Nice artikel. Mampir juga gan. Thanks


  5. 168ribu Bisa Beli Toyota Agya, Mau? Says:

    Nice artikel. Thanks for share. Ditunggu kunjungannya.


  6. wisata bromo Says:

    nicee… infonya menarik…


  7. Rahasia Menghasilkan 1 Milyar Says:

    Nice artikel. Thanks sdh share


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>