4 Cara Menonaktifkan Kolom Komentar di WordPress

Sebel dengan isi kolom komentar blog WordPress Anda yang penuh SPAM ?

Mau menonaktifkan semua kolom komentar sekaligus tanpa perlu ribet harus centang satu persatu dalam setiap postingan Anda ?

Tenang saja Kawan, karena Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Bermula dari banyaknya SPAM yang menyerang web iklan baris saya tepatnya  yang pada waktu itu belum sempat saya disable kolom komentarnya yang pada akhirnya hanya menjadi sampah di hosting, apalagi kian hari semakin membludak jumlahnya.

Tak kuasa menghadang serangan SPAM tersebut akhirnya saya berinisiatif menonaktifkan kolom komentar kedua web iklan baris tersebut. Perlu diketahui, bahwa kedua web iklan baris tersebut menggunakan engine blog WordPress yang sudah tentu memiliki fitur adanya komentar disetiap postingan (iklan) terbarunya.

Memang ada berbagai cara untuk menonkatifkan kolom komentar di WordPress. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Unchecklist allow comments di setiap artikel (postingan)

Cara ini cocok bila Anda hanya berniat menonaktifkan kolom komentar postingan tertentu. Unchecklist Allow comments ini bisa Anda temukan di Dashboard setiap kali Anda mau menulis artikel baru, tepatnya di bawah area tempat Anda menulis.

2. Unchecklist allow people to post comments on new articles

Unchecklist ini bisa Anda jumpai di Setting menu Discussion Dashboard WordPress Anda. Dengan tanpa mencentang ini semua kolom komentar akan ditiadakan. Saya sendiri ketika menggunakan fungsi ini masih belum bisa, entah itu karena ada masalah dengan Themes yang saya gunakan atau yang lain.

3. Menambahkan kode pada theme functions (functions.php)

Cara ini digunakan oleh sebagian para Blogger, yakni menambahkan beberapa kode di theme functions (functions.php) dengan menyisipkan kode berikut:

add_filter('comment_text', 'wp_filter_nohtml_kses');
add_filter('comment_text_rss', 'wp_filter_nohtml_kses');
add_filter('comment_excerpt', 'wp_filter_nohtml_kses');

Lebih tepatnya diletakkan di atas sendiri setelah script <?php pada functions.php. Saya sendiri ketika mencoba menambahkan kode tersebut hasilnya juga sama dengan sebelumnya, belum berhasil juga alias tetap seperti semula (kolom komentar masih nongol).

4. Menghapus kode

Tiada rotan akarpun jadi. Setelah ngoprek sana ngoprek sini belum berhasil-berhasil, akhirnya pilihan terakhir jatuh dengan menghapus kode <?php comments_template(); ?> yang ada pada script Single Post (single.php) pada template yang digunakan. Dan Alhamdulillah akhirnya berhasil juga.

Tentu saja cara-cara di atas adalah sebagian kecil bagaimana menonaktifkan kolom komentar di WordPress. Untuk engine lain seperti Blogspot atau Anda ingin menambahkan selain cara-cara di atas, silahkan Anda sharingkan dengan mengisi komentar yang telah disediakan

Baik, mudah-mudahan bermanfaat.

69 Responses to “4 Cara Menonaktifkan Kolom Komentar di WordPress”

  1. itraining Says:

    ok, terimkasih infonya sangat membantu


  2. foto24 Says:

    terimakasih suhu


  3. Jogja Outdoor Says:

    jurus keren


  4. Nain Says:

    Thanks mas, ane udh coba praktekan..


  5. Situs Backpacker Indonesia Says:

    Thanks infonya mas.


  6. meja belajar duco Says:

    menarik sekali mas


  7. box bayi Says:

    nice info gan


  8. DERI Says:

    DULU AQ PERNAH DIBANTU DENGAN AKY DEGAN CARA BERIKUT DIBAWAH INI:
    UANG TUNAI
    (AKY SANGREGO NO.TELPON:0823 4444 1278)

    Bagi anda yg tertarik ingin mengambil program ini, AKI memberikan dua alternatif, alternatif pertama, jika pelaku memiliki banyak waktu & mau sabar menunggu, pelaku bisa datang langsung ke tempat pratek AKI,atau alternatif ke dua jika pelaku tidak mempunyai banyak waktu & keperluan uang sangat mendesak,maka AKI menyarankan melalui jarak jauh saja.

    Tapi Jika pelaku ingin lewat jarak jauh atau istilahnya terima beres & diwakilkan, AKI juga siap membantu sampai tuntas, tingkat keberhasilannya dijamin 100%, karena AKI sendiri yg akan mengerjakan ritualnya, untuk mendapatkan program ini, pelaku hanya cukup menyiapkan uang sebagai mahar/mas kawin.

    Untuk hasil Rp.1 – 5 Milyar Mahar/mas kawin sebesar Rp. 9.000.000 Untuk hasil Rp.5 – 25 Milyar Mahar/mas kawin sebesar Rp. 35.000.000
    Untuk hasil Rp.25 – 100 Milyar Mahar/mas kawin sebesar Rp. 75.000.000
    Uang mahar/mas kawin tersebut sebagai sesaji yang harus dipenuhi oleh pelaku untuk membeli Minyak jafaron, foniswalla, Misik, Hamsi, apel jin, kembang setaman, kemenyan atau yosua, nasi kuning,ayam panggang cemani, rokok menyan,serta perlengkapan ritual lain-lain.
    Bila semua persyaratan sudah dilengkapi, AKI akan melakukan ritual, proses ritual pengajuan bank goib memakan waktu 3 hari, jika proses ritual dianggap selesai, goib akan memberikan kotak keramat sebagai media untuk menarik uang goib sejumlah yg sudah di setujui, maka AKI aka menarik uang goib melalui media kotak, hasilnya akan di transper ke rekening pelaku, atau akan diantar langsung kerumah pelaku.
    Untuk jarak jauh, pelaku cukup mengirimkan uang mahar melalui transper bank,setelah uang diterima, AKI akan membeli alat-alat ritual uang, melakukan ritual permintaan uang ghoib.


  9. foto memek bugil Says:

    waow , membantu bngt gan artikelnya , jadi tahu saya setelah membaca artikel agan , mksih gan


  10. como buscar un celular por gps Says:

    The first iOS 8. 4 construct arrives as 12H407d and wants prominently feature a freshly redesigned
    Songs app with several new functions.


  11. Sweater Rajut Pria Says:

    Terima kasih infonya,,, kbtln sy mencari cara agar web wordpress sy tdk ada form komentar,, utk hemat disk space…. yg penting kontennya ada … Thanks mas


  12. Ratu Says:

    Informasi yang bermanfaat.. langsung saya praktekan


  13. Newbie Says:

    It’s work Terima kasih


  14. Tante Mery Says:

    wah bener bangat tuh gan kadang bete juga lihatnya banyak banget spam di comment..
    thanks gan langsung di coba


  15. Tante Mery Says:

    bener banget tuh gan, kadang pake askimet pun masih bisa tembus
    thanks gan langsung di coba


  16. photo bugil gadis Says:

    sangat menarik gan


  17. 000 into $1 million in 12 months! Says:

    I’ve read a few good stuff here. Certainly worth bookmarking for
    revisiting. I wonder how a lot attempt you place to create this
    kind of great informative site.


  18. home page Says:

    I’d like to find out more? I’d like to find out more details.


  19. cara ampuh mengobati sakit pinggang dengan alami Says:

    infonya langsung saya coba ya mas.mintak doany ya mas


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>