7 Tips Meningkatkan Konversi Penjualan Secara Drastis Untuk Bisnis Online Anda

Mau meningkatkan konversi penjualan bisnis online Anda secara drastis ?

Eits… jangan kemana-mana, baca dulu rahasia menaikkan rasio konversi ini.

Bisnis online memang memberikan begitu banyak gudang kemudahan. Di bisnis ini semua kegiatan bisnis bisa diukur tingkat efektif dan tidaknya, termasuk dalam hal ini bagaimana mengukur rasio konversi beli calon konsumen yang mendatangi website dengan tindakannya melakukan action (beli).

Tak heran tidak sedikit pebisnis online yang dibuat kewalahan bagaimana menghadang pengunjung yang sudah didatangkannya bersusah payah dengan menggunakan berbagai teknik marketing yang mereka gunakan, tapi yang terjadi malah mereka kabur begitu saja tanpa meninggalkan jejak sama sekali.

Apakah ini juga yang sedang Anda alami ?

Tenang saja Kawan, mudah-mudahan tips ini bisa sedikit memberi angin segar mengatasi masalah tersebut. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar  konversi penjualan meningkat drastis ?

Berikut 7 tips dan cara bagaimana menaikkan rasio penjualan bisnis online Anda:

1. Buatlah Minisite

Jika biasanya Anda sering membuat website dengan begitu banyak halaman beserta link-link di dalamnya, maka sekaranglah saatnya merubah dan membenahi website Anda tersebut. Dalam hal ini adalah menggantinya dengan minisite.

Bila Anda belum tahu apa itu ministe, minisite adalah website yang hanya terdiri dari 1 halaman homepage saja atau kalaupun ada halaman lain itu hanya beberapa saja. Praktisnya adalah website mini (kecil) yang sengaja didesain untuk meningkatkan konversi. Contoh konkritnya bisa Anda lihat di toko obat Foredi.

Dengan menggunakan minisite akan meminimalisir pandangan pengunjung yang biasanya kerap kali perhatiannya teralih pada halaman-halaman maupun link lain sekaligus membuat mereka fokus pada satu tujuan yakni presentasi produk yang Anda pasarkan.

2. Cantumkan Kontak Lengkap

Banyak orang yang menyepelehkan masalah ini khususnya mereka yang berbisnis online secara mandiri (individual). Mereka tidak mau menunjukkan jati diri mereka sebenarnya, bahkan tidak sedikit yang berani menyebutkan nama aslinya.

Bila Anda sering menjumpai website seperti ini, maka waspadalah karena web-web semacam ini rentan dengan yang namanya SCAM (penipuan di internet). Padahal bisnis online sendiri sangat menjunjung erat dengan yang namanya kepercayaan.

Nah untuk itulah, agar calon pembeli semakin mantap dengan produk yang dibelinya, sebaiknya Anda cantumkan data kontak lengkap, lebih-lebih yang bisa mereka hubungi kapan saja. Mulai dari alamat lengkap, nomor telepon rumah ataupun HP, Yahoo Messenger, dan sebagainya.

3. Gunakan Jurus Hypnotic Writing

Yang tak kalah penting dalam website Anda adalah tulisan yang Anda buat. Ya, tulisan yang Anda buat dalam website bisa mempengaruhi dan membuat perubahan hingga 180 derajat terhadap tindakan pengunjung.

Di sinilah dibutuhkan skill internet marketing yang namanya hypnotic writing. Yakni sebuah teknik menulis yang bisa mempengaruhi alam pikiran seseorang. Memang keahlihan seperti ini sebagian orang bilang karena faktor bakat, tapi kalau memang bisa dipelajari, mengapa kita tidak mempelajarinya ? Betulkan ?

Kalaupun Anda tidak mau mempelajarinya entah dengan alasan apapun, Anda bisa gunakan jasa seorang Copywriter yang sekarang banyak bertebaran di internet. Intinya dengan hypnotic writing ini Anda seolah memiliki senjata marketing ampuh bak rudal yang akan meledak kapan saja.

4. Fokus Menjaring ke Traffic

Banyak orang yang terkecoh dengan terpaku membangun website penjualan fokus hanya pada masalah-masalah teknis tapi mereka kurang perhatikan kegiatan-kegiatan utama bisnis online itu sendiri, dalam hal ini adalah traffic (kunjungan).

Bagaimanapun juga tanpa trafik, tidak akan pernah ada orang yang melihat website Anda, tidak ada orang yang tahu akan keberadaan toko online beserta pernak pernik yang Anda jual di dalamnya. Untuk itulah sebelum Anda tingkatkan konversi, fokuskan kegiatan bisnis online Anda bagaimana menjaring trafik sebanyak mungkin.

Apabila trafik ini sudah bisa Anda penuhi, selanjutnya akan lebih mudah meningkatkan konversi. Dan saya yakin apabila produk yang Anda jual memang memenuhi kebutuhan pembeli, tidak sulit bagi pembeli untuk merogoh koceknya.

5. Kenali Jenis Pengunjung Anda

Di sinilah masalah yang kerap kali melanda web owner, mereka bisa mendatangkan banyak kunjungan ke webnya tapi miskin penjualan. Hal ini bisa terjadi karena pengunjung memiliki tujuan yang berbeda-beda saat berkunjung ke sebuah website.

Anda bisa mengenali mereka via tools statistik yang banyak tersedia gratis di internet. Misalkan keyword apa saja yang sering digunakan pengunjung saat memasuki website Anda. Anda bisa bermain-main dengan keyword yang tidak hanya mempunyai rasio klik yang tinggi tapi juga bisa menghasilkan penjualan, lalu pilih yang terbaik.

6. Tonjolkan Keunggulan Produk Dibanding Pesaing

Biasanya calon pembeli akan membanding-bandingkan terlebih dahulu produk yang akan dibelinya dengan penjual lain. Nah, di sini Anda bisa menganalisa apa kelebihan produk Anda dibanding pesaing, temukan, terapkan, lalu tonjolkan kelebihan tersebut.

7. Sederhanakan Sistem Administrasi

Banyak calon konsumen yang tidak jadi mau beli dikarenakan sistem administrasi pembayaran yang rumit. Padahal tinggal selangkah lagi akad transaksi menjadi “DEAL”.¬† Akhirnya karena kesulitan dengan sistem administrasi yang jelimet tersebut mereka tidak jadi beli.

Untuk itulah, aturlah sesedarhana mungkin sistem pembayaran. Jauhi script-script website yang hanya membuat calon konsumen kesulitan melakukan pembayaran. Bila perlu, lakukan tes dengan menempatkan diri Anda sebagai calon pembeli.

Sediakan pula beberapa opsi bank yang akan digunakan transaksi dalam metode pembayarannya. Ini tentu saja akan memudahkan calon pembeli bisa membayar sesuai bank yang dimilikinya tanpa perlu kena fee.

Baiklah, sekian dulu artikelnya, semoga tips sederhana ini bisa meningkatkan konversi penjualan bisnis online Anda.

Semoga bermanfaat,

BISA !
Umar Hadi

34 Responses to “7 Tips Meningkatkan Konversi Penjualan Secara Drastis Untuk Bisnis Online Anda”

  1. Artikel Online Says:

    Thanks gan shareY..,tipsY sangat bermanfaat nih…,izin save dulu..


  2. Prasetya Says:

    Kalau follow-up atau Relationship Marketing itu termasuk dalam artikel ini nggak Mas?


  3. Amru Sahmono Says:

    Benar tuh mas, saya sedang mendalami teknik Hypnotic Writing dari Joe Vitale.

    Anyway buku apa lagi yang mas rekomendasikan untuk mempertajam teknik penulisan copywriting yang baik?

    Makasih mas.


  4. Nugraha Says:

    Waah benar2 membantu nih 7 tips-nya. Terima kasih, pikiran saya jadi terbuka :D


  5. Pelet Ampuh Says:

    Lumayan ampuh….
    benar benar masuk akal…


  6. Hery Sugiharto Says:

    Waaaah mantap banget nih Pak Umar, trik sangat bagus yang sedang saya cari2 selama ini. Saya tambah semangat dalam mempelajari 7 Tips Meningkatkan Koversi Penjualan Secara Dratis Untuk Bisnis online Saya. Terima kasih banyak akan saya distribusikan ke temen2 neter. Mohon ijin.


  7. dheedee Says:

    sangat membantu sekali tipsnya makasih..i will try..


  8. dheedee Says:

    Mantappp…akan say coba.makasih tipsnya mass


  9. aprianto Says:

    thanks banget artikel nya, sy sangat terkesan, akan saya coba pak,


  10. mr jay Says:

    wow informasi yang mantabs dan dahsyat thanks dah dan sekali lagi salam action


  11. Strategi Marketing Says:

    Hypnotic writing? baru denger dan mungkin bisa saya coba!


  12. PeduliSesama Says:

    thanks buat tipsnya


  13. sans78 Says:

    Makasih mas infonya.


  14. noto Says:

    Makasih gan infonya. Akhir2 ini konfersi web saya menurun. Mungkin dengan teknik ini bisa dibaiki.


  15. ali ashari Says:

    tips ya bagus dan bermanfaat, tapi kayaknya pernah baja juga ditempat lain. Menjadi Blogger Yang Bahagia


  16. tunai Says:

    tx, info yg cukup bermanfaat…


  17. Ruang Usaha Says:

    kalo dengan toko onlen, sama ya gan hadi tips untuk meningkatkan konversi ini?


  18. Tips Komputer Trik Komputer Belajar Komputer Online Says:

    Siap pak :-) belajar terus tanpa akhir, neverending study hehehe


  19. Jasa Seo Says:

    jika saya lebih suka membuat cabang web yang menjual produk sejenis agar penyebaran informasi mengenai produk yang kita jual jauh lebih cepat bila hanya mengandalkan 1 web.


  20. informasi bisnis untuk pebisnis indonesia, market, valuta, index, saham, property, jual beli Says:

    Great paintings! This is the kind of info that should be shared around the internet. Shame on Google for not positioning this publish higher! Come on over and discuss with my site . Thanks =)


  21. abdurrahim Says:

    mantap banget tip-tips nya,


  22. ECoverBor - Online eCover Creator Says:

    ECoverBor – Online eCover Creator…

    [...]7 Tips Meningkatkan Konversi Penjualan Secara Drastis Untuk Bisnis Online Anda | Bisnis Online | Internet Marketing[...]…


  23. Sahroni Says:

    Tips dan pencarahan yang sanagt berguna, trims atas infonya.


  24. dress batik wanita Says:

    mudah2an bs saya implementasikan segera


  25. Trina Says:

    Makasih buat infonya… kebetulan lagi cari2 artikel cara menaikkan konversi toko online nih… Salam Kenal.. :)


  26. Mesin Cutting Sticker Jinka Says:

    trims gan,
    sukses selalu…


  27. vimax pills indonesia Says:

    artikel yang sangat menarik,
    tris…..


  28. Pesan Karangan Bunga Says:

    makasis buat tis nya


  29. Jasa SEO Says:

    thanks mas umar,tips meningkatkan konversi penjualan onlinenya


  30. (toko mebel) Says:

    Oahu is the ideal time to generate many programs in the future and it is time to feel special. We’ve check out this organize of course, if I could I have to tell you many attention-grabbing elements as well as suggestions. Maybe you could create following content articles relating to this content. I personally prefer to get more information difficulties somewhere around the item!


  31. Obat kuat terbaik Says:

    Mungkin dengan menerapkan 7 tips ini penjualan toko online saya dapat meningkat,amin.


  32. Toko Murah Says:

    Wah bagus nih artikelnya oiya bro, contoh hipno writing itu kaya gimana sih? contoh kata2 yang bisa bikin orang terhipnotis?


  33. batik online Says:

    kalau yang minisite itu apa gk masalah jika ingin dapet trafik dari google?


  34. konsultan seo Says:

    Yes! Finally someone writes about konsultan internet marketing.


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>