9 Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Bisnis Online Anda

Jangan pernah bermain-main dengan memilih hosting Anda, terutama untuk Anda gunakan dalam berbisnis online. Ya, hanya dengan hosting terbaiklah web bisnis online Anda bisa berjalan dengan lancar.

Tips memilih hosting kali ini mudah-mudahan bisa berguna bagi Anda yang akan memilih hosting atau sudah pernah sebelumnya membeli hosting tapi ternyata hasilnya mengecewakan.

Kurang pas rasanya jika membicarakan hosting tanpa domain. Keduanya ibarat dua sejoli yang tak dapat dipisahkan. Hosting sebagai tempat pemajang data-data, sedangkan domain sendiri adalah nama alamat tempat dimana file Anda diletakkan.

Untuk menyegarkan ingatan Anda tentang domain ini, ada baiknya Anda juga membaca postingan sebelumnya, yakni: 7 Tips memilih domain untuk bisnis.

Berikut 9 tips memilih hosting terbaik untuk kebutuhan bisnis online Anda:

1. Kualitas Fitur

Fitur merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan dalam membeli hosting. Saat ini ada begitu banyak provider hosting yang berusaha meningkatkan kualitas fitur mereka demi menghadapi persaingan dengan provider lain.

Jika tidak demikian, dipastikan pelanggan segera kabur ke provider lain. Nah, dengan menaikkkan fitur ini, bisa mengikat dan mengunci mereka untuk tidak pergi.

Lantas fitur apa saja yang harus diperhatikan ?

Berikut ini fitur utama yang harus Anda cek dalam sutau provider web hosting:

SPACE (Besar kapasitas hosting, semakin besar semakin baik).
Bandwidth (Besar data load yang diberikan baik dari upload maupun download, semakin besar semakin baik).
Uptime (Agar website tidak sering down, pilih hosting yg uptimenya stabil, setidak-tidaknya 98% ke atas, cek di: http://host-tracker.com)
My SQL (lebih banyak lebih bagus)
Addon Domain (berguna bagi Anda yang ingin mempunyai lebih dari 1 domain dalam 1 account hosting)

2. Perbandingan Harga

Setelah Anda melihat fitur yang ada, jika Anda tidak mempedulikan masalah harga itu tidak menjadi persoalan. Lain halnya jika Anda yang sangat mempertimbangkan masalah ini, maka solusi terbaik selain melihat fitur yang diberikan adalah dengan membandingkan harga antara satu provider hosting dengan provider yang lain.

Dengan begini Anda bisa menarik kesimpulan perusahaan web hosting manakah yang layak Anda gunakan.

Tapi ingat ! Jangan terkecoh dengan harga murah dengan fitur bagus lantas Anda ambil begitu saja. Sebaliknya, bukan berarti pula dengan harga web hosting murah lantas menjadi murahan dan tidak baik, masih ada pertimbangan lain yang harus Anda perhatikan.

Jangan lupakan pula dengan harga yang biasanya bersifat temporer. Biasanya beberapa webhosting memberikan harga murah hanya di tahun pertama saja. Sedang saat perpanjangan harga melonjak tinggi, ada baiknya Anda perlu tanyakan masalah ini.

3. Banyaknya Klien

Banyaknya klien merupakan cerminan suatu hosting dinilai baik atau buruk oleh kliennya. Semakin banyak klien, biasanya perusahaan hosting tersebut bisa dipercaya mutunya. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda juga menanyakan masalah ini ke CS yang bersangkutan.

4. Sesuaikan Kebutuhan

Jangan terkecoh pula dengan hosting yang memberikan fitur serba unlimited dan provider tersebut telah dipercaya oleh kliennya. Bijak-bijaklah dalam menggunakan hosting.

Artinya apa ?

Belilah (sewa) hosting sesuai kebutuhan bisnis online Anda. Sebab akan menjadi percuma jika yang Anda butuhkan hanya 50 MB yang harga pertahunnya hanya 50.000 lantas karena tergiur fiturnya yang unlimited, Anda sewa demikian yang harganya berkisar 90.000 perbulan.

Tentu saja dari perbandingan harga jauh sekali, dan space yang banyak tidak terpakai akan menjadi sia-sia. Kecuali Anda berniat membuat banyak website sekaligus atau untuk bisnis yang jangka panjang, dimana memang membutuhkan space yang besar.

5. Lokasi Server

Kalau target marketing Anda berada di negara tertentu. Sebaiknya Anda harus menyesuaikan dengan provider hosting yang Anda gunakan. Sebab hal ini akan mempengaruhi kecepatan akses bagi target Anda yang bersangkutan.

Jika mereka terlalu lama menunggu web Anda loading, bukan tidak mungkin mereka lari begitu saja. Biasanya server USA lebih ringan dan bisa diakses dengan mudah di seluruh dunia.

6. Support

Ciri-ciri web hosting yang dikelola secara profesional adalah supportnya yang responsif, sabar, dan selalu online 24 jam penuh 7 hari dalam seminggu. Terlebih jika Anda adalah orang yang baru berurusan dengan masalah hosting, biasanya akan banyak sekali kendala yang akan Anda hadapi.

Di sinilah fungsi support yang responsif itu sangat berarti. Anda akan dibantu sampai website Anda benar-benar telah online. Mereka biasanya juga menyediakan berbagai media komunikasi lengkap seperti YM, email, telp, atau langsung datang ke tempat.

7. Kelengkapan Alamat

Seperti disebutkan sebelumnya, provider web hosting yang bagus biasanya juga menunjukkan kelengkapan alamatnya. Walaupun klien tidak harus datang ke tempat, tapi setidak-tidaknya akan membuat klien merasa aman dengan alamat tersebut, sehingga mereka tidak perlu takut provider tersebut hanya fiktif atau takut ditinggal kabur sewaktu-waktu.

8. Usia Perusahaan

Semakin usia provider lama, biasanya semakin berpengalaman mereka menangani masalah hosting, walaupun tidak selamanya begitu.

Usia lama juga menunjukkan semakin tinggi jam terbang mereka dalam menangani hosting. Mereka menjaga ketat program, software hingga konten yang diperbolehkan untuk digunakan. Karena tidak jarang provider hosting yang gulung tikar akibat tidak bisa mengelola hostingnya.

9. Adanya Garansi

Kalau yang ini tidak mutlak harus ada. Tapi beberapa web hosting terbaik biasanya memberikan garansi sebelum klien benar-benar menggunakannya, seperti yang dilakukan Indonitahost.com yang memberikan jaminan garansi selama 30 hari.

Apabila dalam waktu tersebut klien tidak merasa puas dengan layanan yang diberikan, maka uang bisa diminta kembali. Tentunya adanya garansi dan percobaan selama 30 hari, klien bisa menilai layak atau tidakkah provider hosting tersebut digunakan.

Berikut ini beberapa provider hosting yang patut direkomendasikan:
1. Hosting Murah Pusathosting.com
2. Hostgator.com (luar)
3. Justhost.com (luar)

18 Responses to “9 Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Bisnis Online Anda”

  1. grandchief Says:

    mantap pak saya juga baru berurusan dengan yang namanya hosting dan tips ini culup membantu untuk memilih hosting yang lebih baik lagi kedepannya 🙂


  2. Cara Dapat Uang Says:

    Harga bukan menjadi persoalan yang terpenting adalah kualitas hosting yang bersangkutan.


  3. Erris Says:

    Makasih pa Umar tipsnya , tapi saya masih trauma dengan pembelian hosting dan domain yang pertama itu. ( Belinya bukan di pa Umar tapi konsultasinya dgn pa Umar…aneh ya ? Habis pa Umar baikan orangnya.. ). Sampai sekarang ga bisa buat akses maupun log in. Jadi cuma buang-buang biaya aja dan link affiliasi yang lain ga bisa dipasang. Dengan adanya info terbaru ini dari pa Umar mudah2an dapat membuat semangat saya tumbuh lagi.. salam sukses.


  4. Belajar Inggris Online Says:

    Okey, trims atas infonya pak… saya juga lg cari hosting nih pak, buat blog wp saya nanti.
    Mudah2an saya bisa dapet server hosting yg berkualitas.


  5. keluarga bahagia Says:

    Thanx banget atas infonya, mungkin akan saya tindaklanjuti


  6. menozac Says:

    Kalo di indonesia idwebhost sepertinya murah dan berkualitas.

    Thanks

    Dennis


  7. air ion peak Says:

    tips yang bagus mas …. trims yaw?


  8. Herdoni Wahyono Says:

    Saat ini kami masih memakai yang free. Namun suatu saat mungkin harus beralih ke yang berbayar. Tips ini menjadi pegangan bagi kami untuk memilih hosting yang terbaik. Trims tipsnya yang menarik.


  9. Layanan Web Hosting Murah TOP Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima Siap Lepas Landas | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    […] dengan harga yang murah lantas kualitas terabaikan, semua itu ada banyak pertimbangan. Baca kembali tips memilih hosting […]


  10. Berkenalan Lebih Dekat dengan Autoresponder | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    […] sendiri ada banyak sekali macamnya, ada yang berupa script lalu di install di hosting sendiri, ada pula yang menggunakan layanan pihak ketiga. Nah, kebanyakan yang digunakan oleh […]


  11. TENTANG DOMAIN DAN HOSTING « Niasulfiya's Blog Says:

    […] 9 Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Bisnis Online Anda […]


  12. gift and gadgets Says:

    wow… perlu perhitungan masak untuk pilih hosting ya…. mampir ah…. sekalian cari gadgets yang menarik


  13. Petani Desa Says:

    hihihhihii…..sambil menyelam minum air ya mas??? qo ada link refferalnya?

    klo saya tulis di address bar nya ga pake link refferal gimana? gpp kan? 😀


  14. Silvi Says:

    bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui perkembangan dunia hosting bisa berkunjung ke web diskusiwebhosting.com dimana pemilik hosting berkumpul

    siapa tahu anda mendapatkan hosting yang cocok


  15. Hosting Murah Jakarta Says:

    setuju, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget serta traffik yang diinginkan


  16. Agen Bola Online Says:

    saya biasanya pakai hotgator.com


  17. anton Says:

    emang sih harus jeli memilih, karena sekarang telah banyak penyedia hosting dan gak selamanya semua itu baik


  18. Jefry Says:

    biasaya webhosting yanng menerima support 24 jam tanpa henti, harga paket hostingannya lebih mahal dan bandwidhtnya pun lebih kecil 🙁


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>