Apa Saja Sebenarnya yang Bisa Dijual di Internet ?

Konsep menjual di internet sebenarnya tak ubahnya dengan bisnis offline (konvensional) seperti pada umumnya, yakni Anda bisa menjual apapun macam dan jenis produk yang ada di dunia offline.

Perbedaan paling kentara di sini adalah bisnis internet ditunjang dengan media komunikasi bernama internet yang memungkinkan orang bisa berinteraksi di seluruh dunia walau tanpa bertatap muka sehingga pangsa pasar tidak dibatasi oleh wilayah dan waktu.

Namun mungkin fikiran kita selama ini “tercemari” oleh iklan-iklan yang beredar di internet, terutama yang sering kita jumpai di situs-situs lokal, bahwa bisnis internet itu hanya jualan ebook ataupun produk-produk digital sejenis sehingga mempengaruhi pola pikir seseorang dan membuat kesan yang bisa dijual di internet hanya itu-itu saja.

Memang kita tidak dapat menyangkal bahwa untuk urusan internet marketing Indonesia adalah negara paling ramai sedunia dalam keyword tersebut, ini menunjukkan peminat pola pemasaran ini begitu besar di negeri ini yang memang berpenduduk besar. Dan juga peminat produk-produk demikian memang banyak, apalagi topiknya seputar make money online.

Selain itu, memasarkan produk-produk digital memang tidak membutuhkan biaya marketing yang besar karena tidak terpotong biaya transportasi dan segala hal yang membebani. Meskipun begitu, saya yakin di tahun-tahun mendatang Indonesia akan memunculkan program dan produk berkualitas yang lebih beragam dan berkualitas.

Okey, kembali ke topik ya…

“Lantas apa saja sih sebenarnya yang bisa dijual di internet itu ?”

Seperti disebutkan sebelumnya, Anda bisa menjual beraneka ragam produk, layanan, ide hingga skill Anda. Agar memudahkan, berikut saya berikan contohnya:

# Untuk Anda yang punya skill/keahlian tertentu.

Jangan dikira skill yang Anda punya selama ini tidak bisa menghasilkan uang, jika skill tersebut memang dibutuhkan dan bisa memberikan solusi bagi orang lain, bukan tidak mungkin mereka membelinya.

Sebagai contoh, Anda bisa lihat di web belajar bahasa Inggris bapak Teguh Handoko, karena mempunyai skill bahasa Inggris bagus dan memang expert di bidangnya, Ia menjual skill tersebut via online course dengan memformat pembelajarannya menjadi audio dan ebook dan hasilnya luar biasa, muridnya kini semakin banyak.

Selain menjual dalam bentuk Audio ataupun ebook, Andapun sebenarnya bisa menjualnya dalam format lain, misalkan saja menjadi konsultannya, menjual lingkungannya dalam hal ini komunitas atau web forum yang memang berperan besar peranannya dalam menunjang kemampuan bahasa seseorang.

Ada juga salah satu web teman, kalau yang ini dia buka kursus bahasa Jepang, tapi dia bukan menjual sebagaimana bapak Teguh Handoko, melainkan sudah mempunyai tempat kursus offline sendiri, walapun begitu mereka tetap menggunakan media internet sebagai sarana mempromosikan kursusnya tersebut.

Bagaimanapun juga ini lebih baik dibanding hanya sekedar sebar brosur atau promosi bentuk offline lainnya. Pastinya pasar lebih luas dan mereka tidak mau menyia-nyiakan pola pemasaran ini. Belum lagi web mereka bisa berada di posisi terbaik Google dengan pesaing yang memang masih minim untuk kategori bahasa Jepang.

# Bagaimana dengan yang menjual produk fisik ?

Ini dia yang mungkin menjadi problem bagi sebagian orang, mereka bingung bagaimana memasarkan produk fisik di internet. Sama saja Kawan, cuman yang Anda butuhkan di sini adalah sarana transportasi dan tentunya beban biaya yang akan dikenakannya.

Jadi bagi Anda yang mempunya produk-produk fisik seperti handphone, komputer, alat-alat elektronik dan benda fisik lainnya, tidak usah ragu memasarkan produk seperti itu, Anda tinggal sesuaikan harga pokok dari Anda dengan ongkir sesuai wilayah konsumen yang bersangkutan.

Anda bisa gunakan jasa pengiriman barang yang sekarang sudah menyebar banyak di Indonesia mulai dari pos Indonesia, Tiki, JNE dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan websitenya ?

Tenang saja, kalau Anda tidak bisa bahasa pemograman atau membuatkan webnya, Anda bisa sewa seorang webmaster untuk membuatkannya, spesifikasinya tergantung dari Anda, mau yang menjual banyak produk sekaligus atau hanya 1 jenis produk, apalagi sekarang di internet banyak yang menjual jasa ini dan dengan harga lebih murah dibanding dulu.

Intinya, berjualan di internet itu sederhana konsepnya dan mudah jika sudah terbiasa, jangan dipersulit, masih ingatkan dengan postingan sebelumnya,  yakni “Jangan terkecoh dengan kerumitan dalam internet marketing“, silahkan baca jika belum membacanya.

Jadi, sudah tidak alasan lagi memasarkan segala macam dan jenis produk apapun Anda di internet !

Mau menambahkan ? Saya tunggu komentar Anda.

19 Responses to “Apa Saja Sebenarnya yang Bisa Dijual di Internet ?”

  1. fredy Says:

    Setuju, bisnis online bisa juga dijalankan secara offline, dan bisnis offline juga bisa dijalankan secara online.


  2. artikel-internet say Says:

    Sip mas umar..,dengan adanya internet semuaY dapat menjalankan bisnis online ,menjual apapun kalau ada yang membutuhkan sudah pasti laku. Apalagi juga punya bisnis offline, bisa mendukung dari bisnis onlineY, asalkan bisa berjalan seimbang. Oke mas umar trimakasih artikel mantab.., salam spirit..!Bisa..!


  3. majikan uang Says:

    mantabs bang umar memang berjualan di internet itu sederhana konsepnya dan mudah jika sudah terbiasa, jangan dipersulit, salam action


  4. cari uang di internet Says:

    trims mas umar infonya…senang sekali menjadi subscriber anda….sehingga bisa belajar internet marketing dari sini.. :)


  5. healthy Says:

    Nice post. I like it. I get sny information about internet maketing. Thank you very much.


  6. ari Says:

    trims artikelnya ,saya setuju sekali dengan pendapat mas umar selain itu menrut saya bagaimna kita membudayakan internet marketing ini agar semua orang tidak takut lagi melakukan transaksi di dunia maya dan para pelaku internetpun mulai membangun kepercayaan kepada para pengguna internet seperti halnya didumia nyata.
    salam


  7. Edi Says:

    Thanks atas informasinya…..bro cukup memberikan pencarahan, benar memang kendala terbesar dalam internet marketing adalah adanya mental block sehingga tidak ada keberanian dalam memulai usaha.


  8. ozzys blog Says:

    sungguh site ini menambah wawasan saya tentang marketing, baru kali ini saya jumpai site marketing yang mudah saya pahami
    –salam hangat–


  9. noto Says:

    Betul pak,
    Selama ini pengguna internet di Indonesia sudah samakin banyak.
    Dan ini tentunya akan membawa iklim bisnis online semakin menjanjikan.


  10. kuswan Says:

    Bener Pak Umar, menjual benda fisik lewat internet bisa juga, hanya tambah ongkir. Tinggal kitanya mau menekuni apa nggak ?!!


  11. jasa bikin lagu Says:

    saya juga buka lapak jasa, layanannya tetep offline


  12. IT Training & IT Solution Provider Says:

    Sangat bermanfaat artikelnya.


  13. dicky Says:

    sungguh saya terharu dengan artikelnya..thanks


  14. Cara Mendapatkan IDE Yang Bisa Anda Jual di Internet | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    [...] yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua ide itu laku untuk dijual di internet ? Bagaimana cara menjualnya [...]


  15. bikin web Says:

    setuju, yang penting Ide yang bagus dengan dukungan analisa pasar yg cukup dan implementasi yang baik, sehingga dapat laku dijual di pasar online


  16. Bali Travel Says:

    Nice info Gan.. Kayaknya memang “apapun” bisa dijual di internet jika kita sudah tahu caranya..:)


  17. nano Says:

    betul…betul..betul, tapi sampe sekarang masih bingung mau jualan apa..ada ide…????


  18. elhanif Says:

    bagus tulisannya…salam kenal dari elhanif-store.com


  19. kelentingan Says:

    membangun bisnis di internet itu gampang , menjalankannya yang sulit.


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>