Boleh Copas Asal….

Dear Kawan…

Banyaknya keluhan-keluhan yang datang dari para penulis artikel online, ebook, dan para web master membuat saya sedikit tergelitik untuk menulis artikel ini. Siapa sih yang nggak risih atau mungkin bahkan “marah”, kalau artikel yang kita buat susah-susah, capek-capek lalu kemudian dicopas (copy paste) oleh orang lain begitu saja tanpa mau menyebutkan sumber aslinya.

Apalagi artikel tersebut adalah artikel online yang memungkinkan siapa saja melakukan plagiat tanpa harus susah payah. Tinggal klik kanan, maka jadi. Tentu saja kalau hal ini dibiarkan terus menerus akan merugikan si penulis dan mereka yang memiliki hak sebagai orang yang memiliki hak cipta atas tulisan tersebut.

Sebenarnya konsep copas alias copy paste bukanlah hal yang tidak diperbolehkan kalau itu masih dalam batas aturan-aturannya. Jadi untuk Anda yang memang ingin mengcopas suatu artikel atau ebook entah karena belum bisa menulis, sibuk dengan urusan lain, atau memang nggak mau ribet dengan menulis, sebenarnya Anda tetap bisa menggunakan metode copas ini, asalkan…..

==> Anda menyebutkan sumber aslinya

Ya, sebagai orang yang telah bersusah payah menulis artikel tersebut, kita patut memberikannya kredit. Beberapa yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan dia kredit backlink ke sumber aslinya, memberikan feed ke blog yang bersangkutan, atau kalau aturan diperbolehkan copasnya tidak terlalu ketat, Anda cukup memberikan keterangan sumber di bagian bawah tulisan tersebut, semacam footnote.

Penting !

Cara copy paste (copas) di atas bisa Anda lakukan, tatkala penulis memang benar-benar membolehkan artikel tersebut dicopas dan tidak berlaku pada mereka yang tidak tidak memperbolehkan mengcopy paste apalagi sampai menjualnya.

Hemm…terlalu ya kalau sampai dilakukan ?

==> Boleh tidak perlu menyebutkan sumber asal ada izin dari penulis

Kalau yang ini sebenarnya tergantung dari kebaikan hati sang panulis dan mungkin agak sedikit jarang ketimbang mereka yang tidak suka dicopas, tapi tetap saja ada lho..Mungkin karena ada kepentingan tersendiri dan faktor independensi lain, kita diperbolehkan melakukan copas tanpa harus menyebutkan sumber asalnya.

Ya, sebenernya urusan tidak dan diperbolehkannya copas mengcopas ini tak jauh-jauh dari penulis itu sendiri, masalah orang bilang apa kan itu lain lagi. Untuk itulah, sebaiknya jika Anda memang ingin melakukan copas atau bahkan pelanggan copas suatu blog tertentu, alangkah baiknya jika Anda langsung bernegoisasi dengan yang bersangkutan.

Sebaliknya, bagi penulis sendiri sebenarnya bukan tidak diuntungkan sama sekali ketika kita membuat artikel lalu dicopas orang, bahkan bisa sangat menguntungkan. Dengan catatan, si tukang copas menyebutkan sumber asli atau memberikan kredit link. Saran saya, kalau ada orang yang copas artikel Anda, bilang saja boleh copas asal memberikan sumber asal berupa kredit backlink.

Tuh kan, malahan untung berlipat-lipat, di antaranya:

1. Nama Anda menjadi populer, tentu ini sangat penting dalam usaha kita membangun branding di bisnis internet.

2. Kita mendapat backlink gratis, sangat berguna untuk SEO.

3. Artikel kita menjadi populer, bahkan sangat mungkin terjadinya duplikasi jika ada orang lain yang mengcopas dari yang pertama tadi.

4. Bahkan sebagian mereka yang asal copas kadang mereka tidak tahu kalau di artikel online kita tertanam banyak link yang tentu sangat berpengaruh membantu artikel kita yang lain dalam perebutan di SERP.

59 Responses to “Boleh Copas Asal….”

  1. Ade Supriyatna Says:

    Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh Mas Umar. Masalahnya banyak juga yg tanpa malu2 mengakui bahwa artikel yg mereka tulis adalah hasil karya mereka sendiri, bahkan beberapa hasil karya saya berupa aplikasi administrasi & IT untuk bisnis pernah nongol dalam bentuk PDF sudah ditanamkan link mereka sendiri dengan tulisan: Original Copyright By: XXX …:(


  2. Asnawi ST Says:

    Artikel yang bagus pak, dan mudah2an ini bisa menjadi “peringatan dan pembelajaran” bagi siapa saja yang suka copas artikel/produk orang lain tanpa ijin atau tidak mencantumkan sumber.


  3. revolusi network marketing Says:

    Saya termasuk orang yang males nulis dan senang copas. Alhamdulillah selalu saya sampaikan sumbernya. namun copas disini jangan 100%, namun kita katakan menyadur dari :-)


  4. Masbarep Says:

    Setuju Banget,Bila mau copas harus sertakan sumbernya itu baru namanya menghargai karya orang lain.
    Teman neter silahkan mampir ke
    Affiliate Site Blueprint Home Study Course
    Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar dari Affiliate melalui Affiliate Marketing. Download PDF dan VIDEO GRATIS.


  5. toreex Says:

    betul bgt bos.. setujuh heheh


  6. Artikel Internet Says:

    Sip mas Umar, copas kalau bisa jangan di biasakan atau mungkin malah jangan di lakukan, gak kreatif gan :D


  7. aqiqah surabaya Says:

    yup setuju bener gan, copas memang nggak etis, itu sama aja dengan tidak menghargai ciptaan Tuhan yang berupa otak, karena kemampuan otak itu sesungguhnya sangatlah luar biasa, jadi pergunakanlah ! aqiqah surabaya


  8. Tips Ngeblog Says:

    Sebagian blogku hasil copas ..hehe :)


  9. Lowongan Pekerjaan Says:

    benar sekali jika copas artikel lebih baik sertakan sumber aslinya


  10. Nyun_nyuN Says:

    apalagi di AGC’in :mrgreen:

    Copas Blog inggris di aduk aduk ama aplikasi unik konten haha, itu boleh kan #buat blog ads jadi agak ngawur :P


  11. briliansyah Says:

    Sip gan…
    boleh Coppas Asal sumber disertakan..:)


  12. yoedha Says:

    sbuah realita yg negatif.. :(
    budayakan tulisan sndiri aja deh gan :)


  13. Belajar Blogging dan Bisnis Online Says:

    kalau aku selalu kopas terus, wkwkwkwk


  14. DAFTAR KONTES SEO TERBARU Says:

    daftar kontes seo terbaru
    Daftar kontes seo terbaru – Menarik juga info daftar kontes seo terbaru untuk diikuti. Hanya sekedar mencari hadiah atau mengasah kemampuan seo kitab di ajang info daftar kontes seo terbaru ini. Bagaimana serunya ajang daftar kontes seo terbaru ini? Rasanya tidak sabar menungguh deh untuk menang. Emmm,… trik seo yang bagaimana ya yang di pakai para master seo kita? Pasti seru dan handal. Daftar kontes seo terbaru sangat dinanti para master seo untuk menjadi pekerjaan sambilannya. Kenapa? Karena hadiah dalam kontes seo itu sangat menggiurkan. Siapa yang mau mencari daftar kontes seo terbaru? Pasti banyak ya? Langsung saja klik di sini untuk melihat list daftar kontes seo terbaru nya ! KLIK DI SINI !
    Daftar kontes seo terbaru adalah ajang pencarian bakat di bidang daftar kontes seo terbaru. Dan daftar kontes seo terbaru menjadikan kita ahli seo dalam bidang seo dan menjuarai daftar kontes seo terbaru. Dan dengan adanya daftar kontes seo terbaru ini di harapkan para pemenang daftar kontes seo terbaru bisa mengharumkan nama bangsa indonesia di ajang daftar kontes seo terbaru di luar negeri. Bagaimana cara menang di daftar kontes seo terbaru ini? Wah itu yang menjadi pertanyaan kita hari ini. Semoga yang menang di daftar kontes seo terbaru tidak sombong dan takabur. Serta berani mengamalkan ilmunya dalam bermain seo. Dan mengajarkan yang tidak ahli seo bisa menang di daftar kontes seo terbaru. Sekian itu saja ! Salam blogger,…


  15. Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet Says:

    Mantap artikelnya gan, thanks alot


  16. bibit jabon Says:

    master seo terbaik di indon siapa yaw??


  17. segala panduan disini Says:

    haha…dulu saya suka copas,ngaku neh…
    tapi ta pikir pikir malu juga pada diri sendiri.
    buat yang suka copas nih sdkit tips dariku.
    mulai sekarang belajar sedikit demi sdikit lama2 terbiasa dan gak copas lagi dah,
    3 bulan copas, eh sekarang bisa nulis sdri, tapi tulisan di copas juga ma orang wahh gemana nih.
    pasang anti copas jadinya.
    artiel yg sangat membantu buat saya dan teman2
    salam sukses selalu


  18. jelly gamat Says:

    kuncinya ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) jadi jangan full copas,, hehe


  19. ARTIKEL « hadi Says:

    [...] BOLEH COPAS ASAL…. [...]


  20. bagus Says:

    artikelnya mantap2 maz..


  21. news update Says:

    setuju mas bro….


  22. Download Midi Gratis Says:

    Sip gan…
    boleh Coppas Asal sumber disertakan..:)


  23. adhebe Says:

    Mudah2an menyadarkan orang yg suka copas tapi tak menyebutkan sumbernya… Salam kenal…


  24. foredi Indonesia Says:

    Memang seharusnya kita lebih menghargai hasil karya orang lain. Menyebutkan sumber asli kan tidak ada ruginya…


  25. Paket Wisata Bali Says:

    copas boleh asalkan mencantumkan nama link blog yang bersangkutan


  26. Lirik Lagu Justin Bieber Says:

    benar sekali boleh copas asalkan sertakan link web yang bersangkutan


  27. Welcome we’re Hacksomeone and we could jump at the chance to present you some brand new hacks! Hacksomeone is an every day redesigned web page who hunt the web down you! We’re not enjoy most hacksites sharp at one sort of hack. We actually hunt all around Says:

    Welcome we’re Hacksomeone and we could jump at the chance to present you some brand new hacks! Hacksomeone is an every day redesigned web page who hunt the web down you! We’re not enjoy most hacksites sharp at one sort of hack. We actually hunt all a…

    [...]Boleh Copas Asal…. | Bisnis Online | Internet Marketing[...]…


  28. Pulau kasur Says:

    wow, setuju, setuju banget ni ma mas nya,

    selama masih mencantumkan sumber itu sah-sah aja.

    tapi pertanyaannya gmn yg kalao sumbernya cuma disebutin homepage nya doang?
    atau sumbernya no link..

    atau sumber hanya diletakkan tai ttidak live link itu jg gmn?


  29. Dokter Says:

    Setuja banget mas. Tapi kadang saya lupa nyantumin sumber, saking banyaknya yg di copy,hehe.. Sekarang saya ngga gt kok. Mau belajar utk menghargai hasil tulisan org lain. Thks


  30. ErwinKundya Says:

    siipp mas.. mksih infonya..


  31. sari1099 Says:

    setuju dengan artikelnya mas Umar, lebih baik ijin dulu dengan penulis atau memberikan link yang disertai anchor text yang sesuai dengan tema blog si penulis agar kreditnya mendapat nilai plus :D


  32. KALONG RELOAD PULSA MURAH DARI TANGERANG Says:

    bolehcopas asalaa jangan sama persis… modifikasi dikit gitu loh… :)


  33. sandiko Says:

    Ayo latihan menulis sendiri. Salam kenal


  34. madjongke Says:

    saya juga dulu pernah melakukannya. tapi sekarang sya sudah berusaha tidak melakukannya


  35. Rizal Mutaqien Says:

    Ane juga mundeng sejam nulis artikel ehh 4 jam kemudian di culik mahluk halus artikel ane . http://rizalblogs.info


  36. MHd Says:

    Wah kalau begitu bener juga … saya juga bolehin copas asal dapet backlink deh … ehehehe

    Anyway thanks sharingnya mas …. mantabb


  37. iklan baris online Says:

    boleh ni dapat backlink nya dengan cara copas,hehehe


  38. artikel bisnis internet belajar seo « belajar-buat-website Says:

    [...] Sebenarnya konsep copas alias copy paste bukanlah hal yang tidak diperbolehkan kalau itu masih dalam batas aturan-aturannya. Jadi untuk Anda yang memang ingin mengcopas suatu artikel atau ebook entah karena belum bisa menulis, sibuk dengan urusan lain, atau memang nggak mau ribet dengan menulis, sebenarnya Anda tetap bisa menggunakan metode copas ini, asalkan….. Read More.. [...]


  39. surya Says:

    artikelnya sangat menarik dan akan saya coba.


  40. Jefry Says:

    Sekarang jarang sekali artikel copas menyebutkan sumber aslinya, sepertinya kesadaran akan mengenai hak cipta harus ditumbuhkan agar dunia blogging Indonesia bisa makin berkembang dan hebat dengan karya2nya


  41. rian Says:

    iya bener gan, kita harus menghargai sumber yang kita copas


  42. glutera Says:

    Kami Agen stokis tempat Membeli produk glutera glutathione terpercaya produk kesehatan Anti-Oksidan terbaik masa kini Glutera Glutathione, Terbukti secara klinis dan dianjurkan oleh para dokter ahli Dermatologi dan Kosmetologi karena mengandung bahan utama (perchusor) yang memiliki berbagai manfaat diantaranya : mengobati penyakit akut dan kronis, juga dapat memutihkan dan menghaluskan kulit sehingga Anda akan tampil lebih muda karena berkurangnya keriput dan lipatan di tubuh dan banayak manfaat kesehatan lainnya, dibuat secara alami dari bahan yang didatangkan dari Jepang dan diproduksi di Kota Malang Jawa Timur dan didistribusikan oleh agen terpercaya. dan terbukti tidak ada efek samping sama sekali karena telah dibuktikan oleh beberapa konsumen yang mengkonsumsi glutera selama ini. Pesan Sekarang juga !!! :)


  43. Info Gadget Terbaru Says:

    thanks infonya


  44. Furniture Jepara Says:

    Furniture Jepara Berkualitas


  45. Kursi Tamu Minimalis Says:

    kursi tamu minimalis murah


  46. Kursi Makan Minimalis Says:

    kursi makan minimalis murah


  47. Tempat Tidur Minimalis Says:

    tempat tidur minimalis murah


  48. Almari Pakaian Says:

    Alamari Pakaian Murah


  49. Furniture Jepara Says:

    Mantap, makasih infonya


  50. Mebel Ukir Jepara Says:

    info yang menarik


  51. Meja Makan Says:

    terimakasih infonya


  52. Glutera Says:

    mantap banget..!!


  53. Toko Glutera Says:

    mantap banget infonya..!!


  54. Produk Glutera Says:

    siiip mantap…
    ATM saja lebih asykk..


  55. Produk Glutera Says:

    siiip mantap…
    ATM saja lebih asykk..


  56. Meja Rias Says:

    thanks infonya


  57. Meja Rias Says:

    bagus infonya


  58. tempat tidur Says:

    Terima kasih atas. Sharingnya


  59. Portal Kuliner Indonesia Says:

    Jangan telat makan ya..


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>