Cara Fokus di Bisnis Online

Bagaimana cara fokus di bisnis online ?

Inilah pertanyaan sekaligus batu sandungan yang sering menghinggapi pemain bisnis online, memang kelihatannya masalah cara fokus ini sederhana dan sepele tapi para prakteknya tidak sedikit orang yang dibuatnya tersungkur-sungkur yang kemudian mundur dari arena bisnis ini.

Hanya mereka yang memiliki fondasi bisnis yang kuat yang akan bisa bertahan melewati semua. Seperti kita tahu di belantara internet ada berbagai macam peluang bisnis termasuk godaan-godaan tulisan yang kadang sering menggoda untuk menindaklanjutinya.

Padahal urusan satu belum selesai, karena terlena dengan suatu iklan akhirnya pindah ke urusan yang lain. Inilah kadang yang sering mengganggu orang yang pada akhirnya konsentrasinya menjadi terbelah dan fokusnya menjadi hilang. Mudah-mudahan dengan adanya artikel setidaknya bisa mengingatkan dan mengatasi masalah ini.

Berikut beberapa tips dan cara agar fokus di bisnis online:

# Cari dan tentukan Model Bisnis yang Sesuai Minat

Pada bagian ini Anda perlu mencari model bisnis yang sesuai dengan karakter dan jiwa Anda.

Mengapa harus demikian ?

Biasanya bisnis yang tidak sesuai minat dan jiwa seseorang akan sulit untuk berkembang. Bagaimana tidak, ia menjalankan bisnis hanya dengan setengah-setengah. Padahal bisnis itu sendiri perlu yang namanya penjiwaan dan pendalaman.

Artinya apa ?

Anda harus sepenuh hati mencintai pekerjaan yang Anda lakukan. Jika Anda sudah cinta dengan pekerjaan Anda, maka rintangan apapun yang ada akan mudah untuk di atasi.

Memang ada juga  orang yang menjalankan bisnis dengan awal mula yang tidak cinta namun kemudian jatuh hati kepadanya. Dan hal seperti ini tidak akan Anda temukan kecuali menggalinya terlebih dahulu kemudian menyesuaikan dengan jiwa dan karakter sesorang.

# Petakan Master Action Plan (MAP)

Bila Anda sudah menemukan bisnis online yang pas dengan karakter, maka selanjutnya adalah fokus membuat peta rancangan bisnis yang sudah mantap dengan jiwa Anda.

Master action plan akan membantu membuat fokus pekerjaan Anda lebih mudah. Dengan master action pula Anda seolah-olah tidak berjalan dan berputar-putar dalam tempat karena semua ada ujung dan akhirnya dan ini membuat fokus akan lebih terarah seperti program pembelajaran bisnis Mr Action.

# Beri Batas Waktu

Masalah batas waktu ini sebenarnya sudah termasuk dalam ranah master action plan, tapi perlu saya tekankan lagi di sini bahwa dalam membuat master action plan Anda harus membuat batas waktu yang kira-kira ideal dan realistis untuk mencapai terget.

Dalam pemberian batas waktu ini Anda bisa membuat sebuah permainan yakni dengan memberikan reward apabila Anda dapat mencapai target dan memberikan sanksi (hukuman) bila tidak bisa menepati (mencapai) target tersebut.

# Disiplin Terhadap Rencana

Sekarang semua rencana dan konsep rancangan telah dibuat, tugas selanjutnya yang tak kalah berat adalah mengenai masalah disiplin dan mematuhi semua rencana yang telah dibuat.

Tak jarang orang telah membuat sebuah konsep yang matang bahkan sangat bagus, tapi setelah konsep itu jadi dan memasuki babak pertengahan jalan ternyata ada hambatan di mana konsep yang yang sudah dibuat matang tersebut tak sesuai dengan harapan, akhirnya ia membelot dan beralih ke peluang lain.

Displin waktu juga tak kalah pentingnya. Dalam konsep disebutkan bahwa minimal waktu untuk mengerjakan dalam 1 hari adalah 3 jam, tapi karena melanggar disiplin akhirnya nggak sampai waktu yang ditentukan  sudah ogah-ogahan.

Inilah yang membuat konsentrasi hilang dan perhatian sudah tidak karu-karuan yang membuat fokus banyak bercabang dan pada akhirnya gagal semua rancangan. Mudah-mudahan saja kita semua bisa mengatasi masalah ini.

30 Responses to “Cara Fokus di Bisnis Online”

  1. nggak Says:

    semoga tips2nya bisa saya lakukan and terimakasih


  2. Artikel Internet Says:

    Thanks infonya gan…,tipsY oke bangetz…salam sukses..


  3. A Fauzi Says:

    Iya ya, memang untuk sukses itu diperlukan displin yg kuat. Gak tolah-toleh … 🙂

    Salam


  4. Nugraha Says:

    Iya sih, sering kita tergoda dgn “rayuan” iklan2 yang akhirnya akan memecah belah konsentrasi kita. Maunya sih semua bisnis sukses, tapi banyak faktor yg menghambat kalau semua jenis bisnis dilakukan, salah waktu yang sangat terbatas.


  5. onix makelar online Says:

    memang susah untuk fokus terlalu banyak info dan peluang terbaru yang menggoda.


  6. kaleso2010 Says:

    mas Umar, sy ga bisa mengubah kebiasaan membaca info. Susah sekali untuk fokus. Gimana cara yang terbaik ya? Btw saya baru lihat kunci marketing dengan Daily Press nya. Baru ya? Bagus sekali tampilannya dan menarik. Semoga tambah maju.


  7. khuzaifah Says:

    Benar sekali mas … emang diperlukan sekali yang namanya MAP itu loh… namun sebahagian orang termasuk saya mungkin yang masih newbie ini masih susah untuk fokus secara maksimal karena banyak sekali info yang nggak bisa dipisahkan mana yang perlu dan mana yang hanya sekedar info. hal ini membuat jadi tak berarturan dalam memulai Bisnis Online ini. apa sebaiknya di-unscribe dulu semua yang dirasa belum perlu untuk seorang pemula agar lebih fokus pada apa yang diinginkan dulu…?


  8. mr jay Says:

    artikel yang sangat menarik sekali, sungguh ilmu yang sangat berguna buat kita semua dan satu lagi salam action


  9. Pelet Ampuh Says:

    Artikelnya selalu bermanfaat….
    Dan benar-benar terkini.
    Terimakasih…


  10. BIOS Says:

    Ya kebanyakan pemula memang begitu. Wajar karena kebanjiran informasi. Tapi kalau mau berhasil harus belajar fokus secepatnya. Tip ini bagus untuk dijalankan.


  11. kuswan Says:

    Trim…tipsnya pak…


  12. bisnis di rumah Says:

    Terkadang kalau kita memikirkan penghasilan yang belum besar, fokus di bisnis internet akan menjadi buyar, memang kita harus menjaga ke-fokusan kita agar terus bisa berkembang..
    trims nasehat-nya sob…


  13. kopi luwak bali Says:

    hehehe ternyata blog ini mantab buat nyari backlink. suwun mas


  14. Info ajae : Bisnis online, internet, komputer Says:

    tipsnya sangat menarik sekali, semoga saya bisa menjalaninya…


  15. Berita parepare Says:

    terima kasih mas,semoga saya bisa lebih fokus nantinya dalam berbisnis oneline.


  16. Peluang Bisnis | Internet Online Says:

    Mantab, artikelnya. Sangat membantu bagi pemula untuk bisnis online. Terlalu banyak dan beragam iklan dan tawaran menarik di Internet tentang bisnis online, kalau tidak fokus akhirnya putus asa didapat. Thank you bro…


  17. Iwan Kus Says:

    memang sangat sulit untuk fokus apalagi di dunia online

    trims atas uraian tentang 3 hal di atas


  18. Cara Membuat Facebook Says:

    benar-benar luar biasa idenya mas umar,dengan berfokus pada bisnis online yang kita tekuni saat ini,akan membuat bisnis kita semakin cepat berkembang


  19. aldrix.info Says:

    hmm harus tekun memang mas.. hduuhh


  20. jupen Says:

    Banyak yang ingin sukses dari bisnis online, Namun karna banyaknya penawaran ini itu hingga bingung mau memulai dari yang mana.. intinya susah Fokus pada 1 BISNIS Online. Buat Artikelnya memotivasi baget… SLM Sukses


  21. udhin Says:

    memang benar, harus disipin waktu san fokus untuk dapat meningkatka pendapatan dari bisnis online…

    trimakasi infonya..


  22. Daging Bebek Says:

    Fokus… Fokus… Problem dalam bisnis online adalah Fokus… ayo mari kita fokus… 😀


  23. Pemasaran Online Says:

    thanks banget buat tips-tips-nya ttg fokus di bisnis online


  24. Jasa Seo Says:

    untuk bisnis online fokus adalah kunci untuk bisa sukses.Tidak ada bisnis yang setengah2 dalam menjalankannya.


  25. Yudi Yamansyah Says:

    Terima kasih ya atas artikel yang sangat memotivasi ini,, semoga bisa bermanfaat buat para pembaca
    Salam sukses


  26. lynchburg real estate agents Says:

    Pretty! T?is has been a really wonderful article. Many thanks for providing these details.

    Feel free to visit my we? blog ::lynchburg real estate agents


  27. Douglas Says:

    Thankfulness to my father who informed me regarding this webpage, this blog is truly remarkable.


  28. jasaseo wordpress Says:

    It is not my first time to visit this web site,
    i am visiting this web site dailly and take nice information from here every day.


  29. Samara Says:

    When someone writes an piece of writing he/she keeps the thought of a user in his/her
    mind that how a user can know it. Thus that’s why this article is amazing.
    Thanks!


  30. rv trader publications Says:

    This blog was… how do you say it? Relevant!! Finally I’ve
    found something that helped me. Appreciate it!


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>