Cara Menemukan Niche Market yang Ideal Tanpa Harus Riset Sendiri dari NOL

Pasar di internet begitu luas dan banyak untuk disingggahi. Jika tidak bijak-bijak memilih pasar, bukannya menguntungkan malah bisa sebaliknya. Ketika Anda melakukan riset pasar, hal penting yang harus Anda lakukan adalah menemukan pasar yang ideal yang sekiranya bisa Anda kuasai. Dalam bisnis internet biasa disebut niche market, hot market, pasar ceruk dan sejenisnya.

Yaitu sebuah pasar di mana terdapat sekumpulan kelompok yang mempunyai masalah atau sedang membutuhkan sebuah solusi dengan jumlah pesaing yang tidak terlalu banyak bahkan condong lebih spesifik, tapi mempunyai permintaan yang lumayan (relatif) alias pasar yang lapar .

Alangkah berungtungnya jika Anda bisa menemukan niche market tersebut. Karena jika itu Anda dapatkan, itu sama saja Anda telah menemukan tambang atau ladang yang siap memberikan penghasilan secara terus menerus. Pasar yang seperti inilah yang banyak diburu oleh para internet marketer.

Menemukan niche market seperti ini memang gampang-gampang susah. Gampang jika terbiasa dan agak susah jika belum. Namun tidak perlu dibuat terlalu susah, mungkin beberapa tips dan cara berikut ini bisa membantu menemukan niche market tanpa harus melakukan riset sendiri dari NOL.

# Lingkungan sekitar

Kita mungkin tidak sadar bahwa lingkungan sekitar yang selama ini kita singgahi dan diami sebenarnya memberikan banyak IDE  dan inspirasi untuk dijadikan lahan bisnis.  Nah, kenapa tidak digali saja lingkungan tersebut karena siapa tahu di sana terdapat niche market.

Misalkan saja, di lingkungan Anda terdapat jasa pencucian mobil atau motor, mengapa tidak itu saja yang dijadikan ide bisnis ?

Sepintas usaha seperti ini hanya bisa dijalankan di darat bukan di internet dan lagi mungkin sudah banyak yang mengambil lahan bisnis ini di lingkungan sekitar Anda. Tapi coba kita gali lebih dalam, dengan sedikit mengubah pola itu bisa menjadi ide niche market yang luar biasa.

Masih belum mudeng ?

Mengapa market tersebut tidak dibawa saja ke ranah internet ?

“Mana mungkin lahan seperti ini dibawa ke ranah internet, jelas-jelas jasa pencucian mobil atau sepeda motor ini hanya bisa dilakukan di darat !”

Yes, tentu saja bisa kawan, kan sekarang eranya era digital, era informasi, mengapa tidak Anda buatkan saja produk tersebut menjadi produk informasi ? Saya yakin jika memang informasi yang Anda jual bagus, akan banyak orang membeli sekaligus mereferensikannya. Apalagi saya lihat orang yang menjual informasi tentang usaha tersebut masih minim atau bahkan belum ada. Tentu saja bagi si pembeli mereka akan menerapkan ide jasa motor tersebut di kota (lingkungan) mereka masing-masing.

Dahsyat sekali bukan ?

Coba contoh tersebut kita gali, di sana terdapat sebuah pasar yang sedang mempunyai masalah atau butuh solusi, yaitu orang yang tidak sempat mencuci motor mereka karena sibuk tapi ingin motornya bersih dan terawat, karena mungkin keterbatasan waktu dan ada cara praktis dan ekonomis dengan adanya jasa cuci motor, mereka bisa dengan mudah memakai jasa tersebut.

OK, jelas ya…Silahkan kalau mau digarap.

# Menggunakan tools market riset

Selain menggunakan cara melihat lingkungan sekitar atau feeling, Anda perlu mengujinya menggunakan beberapa tools market riset jika diperlukan. Bagaimanapun juga tools ini bisa membantu memperkirakan mencari niche market. Seperti melihat apakah sudah ada yang menggunakan lahan bisnis tersebut, kalau ada berapa banyak pesaingnya, dan berapa banyak pula peminatnya.

Tools riset market sendiri ada banyak di internet, daripada dikasih matangannya, mending mentahannya. Silahkan lakukan searching sendiri ya..banyak kok.

# Iklan-iklan internet

Jangan dikira iklan-iklan di internet hanya membuat Anda bosan karena isinya yang meminta Anda untuk membelinya atau mengikuti tawarannya. Seperti misalnya iklan-iklan PPC yang ada pada suatu blog atau di web-web iklan baris. Ada baiknya kita membuka fikiran dengan meninjau lebih dalam  jika iklan itu memang bagus dan potensial.

Justru kita perlu berterimakasih kepada pengiklan tersebut jika sekiranya dari iklan itu Anda mendapatkan niche market namun belum banyak orang yang dengar. Jika seperti itu yang terjadi, bisa jadi Anda menjadi penguasa pasar tersebut karena memang saingan minim namun pencari lumayan hangat.

Seperti ketika saya menemukan yang bagi saya niche market yaitu Peluang Bisnis ABE yang pada mulanya skeptis apalagi melihat sistem dan produknya, tapi karena iklan tersebut adalah iklan teman sendiri yang saya sudah tahu kredibilitasnya, membuat saya jadi penasaran dan akhirnya mempelajarinya lebih jauh dan kemudian memutuskan menggelutinya dan ternyata saat ini memberikan hasil cukup lumayan. 😉

Ya, memang berbicara niche market memang relatif bagi setiap orang. Niche market bagi kita, tapi belum tentu bagi orang lain. Pada bisnis ABE tersebut saya anggap Foredi yang notabene salah satu produk unggulan PT. Abe adalah niche market karena saya lihat persaingan seputar produk tersebut masih ideal, kalaupun ada, dari segi kualitas produk Abe memiliki keunggulan yang tak dimiliki produk lain.

Inilah yang membuat saya melirik pasar ini, hot market (pasar ceruk) ditambah produknya benar-benar UNIK dan langka, apalagi seperti saya yang suka menggunakan tenaga Google melihat persaingan seperti itu di search engine, di mana saya yakin bisa saya kuasai dan ternyata hasilnya memang OK, web saya yang saat artikel ini saya tulis bisa nangkring di TOP 10 Google ranking 2 dan beberapa keyword utama yang masih berhubungan.

Nah, melihat contoh di atas bukankah itu cara termudah menemukan niche market tanpa kita harus melakukan riset lagi dari NOL ?

Mari kita sedikit analisa, dalam hal ini contoh di atas obat Foredi. Topik utamanya tentu saja seputar obat yang sudah tentu ada pasarnya, lebih spesifik lagi adalah obat untuk pria khususnya bagi mereka yang mengalami masalah ejakulasi dini. Masih ingatkan tulisan di atas, di situ ada masalah, di situ ada solusi, dalam hal ini kita tawarkan Foredi yang merupakan obat atasi ejakulasi dini sebagai solusinya.

Masih terlalu umum ?

OK, mungkin saja keyword tersebut juga digunakan pemasar lain yang memasarkan produk yang sejenis (bukan Foredi).

Nah, disinilah kita memanfaatkan keunggulan produk. Misalkan Foredi adalah obat atasi ejakulasi dini yang terbuat dari bahan herbal, yang terdaftar di BPOM yang aman digunakan, berupa GEL dan direkomendasikan pakarnya Boyke & CO. Tentu saja keunggulan ini bisa menarik hati pembeli dengan membeli Foredi dibanding obat lain sejenis.

Inilah mengapa dalam postingan terdahulu seperti Faktor Kali Lipat yang Membuat Bisnis Abe Cepat Meledak atau di Peluang Bisnis 2011 yang semakin Booming dan Ngetrend salah satunya adalah karena faktor keunggulan dan keunikan produk. Dan ingat, ketika Anda telah menemukan suatu ceruk pasar, maka ia akan memberikan terus menerus profit untuk Anda seperti pada produk bisnis Abe di atas.

Tentu saja masih banyak cara mencari dan menemukan niche market selain yang disebutkan. Silahkan gali lebih dalam ya..Dan semoga Anda lekas mendapat niche market yang ideal untuk bisnis internet Anda jika memang belum menemukan.

19 Responses to “Cara Menemukan Niche Market yang Ideal Tanpa Harus Riset Sendiri dari NOL”

  1. maftukhin Says:

    Oo….seperti itu to,
    baru tau..
    hhehe
    trimakasih ya mas, infonya menarik..
    salam kenal mas..
    maftukhin


  2. bonusbesar.com Says:

    mantap Bro…..
    thanks atas infonya..


  3. foredi bali Says:

    memang mantap mas, karena masih sedikit yang ikut. biasanya mereka malu hehehe


  4. bikin kaos sablon murah Says:

    thanks ya atas artikelnya salam kenal


  5. Kuswan Says:

    Thanks infonya Mas, bisa buat sumber inspirasi baru….


  6. Artikel Internet Says:

    Wah..makasih infonya mas umar, sangat membantu banget nih.. 😀 salam spirit..!


  7. memulai bisnis internet Says:

    bisnis offline di online-kan…cara menarik menemulan niche market


  8. Mesin Uang SIAP PAKAI Says:

    Makasih mas Umar, artikelnya sangat membuka wawasan kami para internet marketer untuk bisa mencari niche market yang cepat. Mantap Mas…


  9. saefuddin Says:

    nice info thanks very much


  10. Bakharuddin Says:

    Salam kenal.. terima kasih informasinya yang sangat bermanfaat


  11. niche online Says:

    I feel this is one of the most vital information for me. And i’m happy reading your article. But wanna commentary on few common things, The web site taste is ideal, the articles is actually excellent : D. Good task, cheers


  12. Jasa Adsense Says:

    Hi, i feel that i noticed you visited my weblog thus i got here to ?return the favor?.I am attempting to in finding issues to improve my web site!I assume its ok to use a few of your ideas!!


  13. Peluang Usaha Says:

    Thank you, I have just been looking for information about this topic for a while and yours is the greatest I have discovered till now. But, what in regards to the bottom line? Are you positive about the source?|What i do not understood is in truth how you’re not actually a lot more smartly-preferred than you may be now. You are very intelligent.


  14. Dina Says:

    makasih infonya..kadang kita memang suka kesulitan mencari nice market yang bagus, padahal bisa di dapat dengan cara sederhana


  15. Bisnis Internet – Hendian Blog Says:

    […] atas untuk bisnis internet kita. Anda bisa mulai membuat produk-produk gratisan yang sesuai dengan niche market bisnis Anda. Yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda membuat produk gratisan, berikanlah yang […]


  16. iklanantik Says:

    saya masih gak ngerti koq yah?mohon sharenya mas…tq dan salam kenal


  17. Membuat Toko Online Says:

    trima kasih infonya pak.
    Lagi nyari tambahan informasi untuk take action soalnya 🙂


  18. obat hernia Says:

    sipp gan infonya


  19. celana hernia Says:

    saya sangat suka dengan infonya


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>