Bagaimana Mengukur Sebuah Nilai Kata Kunci untuk Web Adsense atau Iklan Adwords Anda ?

Ketika Anda memilih atau menentukan suatu topik (kata kunci) untuk webblog adsense maupaun iklan adwords Anda, perlu kiranya Anda melakukan perbandingan dalam menentukan  keyword antara satu dengan yang lain.

Hal ini perlu Anda lakukan karena setiap kata kunci tersebut memiliki nilai COST yang berbeda-beda setiap kliknya, semakin tinggi nilai suatu keyword, semakin tinggi pula COST yang diberikan.

Biasanya keyword yang dianggap bernilai tinggi oleh Google adalah keyword-keyword umum yang sering dicari (diketikkan) oleh orang di browser, tentunya keyword-keyword yang memiliki nilai jual, karena juga banyak keyword-keyword umum namun tidak memiliki nilai jual.

Bagaimana cara memperkirakan dan membandingkannya ?

Berikut gambaran umumnya:

Jika Anda adalah publisher adsense, maka untuk mendongkrak pendapatan Anda salah satunya dengan memilih keyword yang  memiliki nilai klik besar atau biasa disebut  HPK (high paying keyword).

Konsekuensinya adalah jika Anda membidik keyword semacam ini, biasanya saingan Anda akan banyak sekali meskipun tidak semua HPK begitu, karena juga tidak sedikit niche market yang memberikan HPK tinggi. Sebaliknya jika anda memilih keyword HPK yang rendah, biasanya saingan Anda lebih sedikit dan potensi web adsense Anda untuk memenangkan pasar dan mendapat klik semakin besar.

Sedang bagi Anda yang bermain di Adwords, semakin tinggi nilai keyword yang Anda bidik, semakin besar cost yang harus Anda keluarkan yang berarti Anda harus merogoh kocek lebih dalam, namun bagaimanapun juga potensi untuk diklik juga sangat besar. Sebaliknya jika keyword yang Anda bidik bernilai rendah atau dibawah HPK,  Anda akan dikenakan cost yang lebih ringan namun potensi klik juga menjadi kecil atau dinomorduakan.

Tapi ingat ! Uraian di atas hanya gambaran umum saja, bukan patokan paten. Selanjutnya tinggal Anda sendiri bagaimana mengambil langkah bijak untuk memutuskan yang terbaik sesuai kondisi Anda.

Untuk memperjelas bagaimana Anda bisa memperkirakan nilai suatu keyword, ada banyak sekali resource yang bisa di gunakan, salah satunya adalah menggunakan SYMBIOTIC.

Dengan menggunakan tools ini, Anda bisa memperkirakan nilai cost per click , click perhari dan cost perhari.

Mau mencoba ?

Silahkan langsung ke situs resminya di:  www.symbiotic.com

Semoga bermanfaat,

Umar Hadi

20 Responses to “Bagaimana Mengukur Sebuah Nilai Kata Kunci untuk Web Adsense atau Iklan Adwords Anda ?”

  1. Kumpulnet Says:

    langsung ke tkp mas, mau riset keyword yg gede2 ah


  2. grandchief Says:

    apakah nilai kata kunci itu juga berlaku untuk kata kunci dalam bahasa Indonesia biasanya kalau keyword Indonesia diketikkan di situs asing hasilnya payah banget


  3. mashengky.com Says:

    nice info mas.. coba ketik kata kunci vcc indonesia, lihat hasilnya hehehe


  4. Umar Hadi Says:

    @grandchief : Untuk yang bahasa Indonesia, datanya masih sulit terdeteksi, tapi ada beberapa tools yg bisa dan sering digunakan untuk marketer dlm riset


  5. Moel Says:

    Dalam mencari sesuatu di internet kita kata kunci,coba cari kata kunci.rahasia sebuah kunci


  6. erfiz Says:

    namun google terkadang sangat pelit masak aku tiga klik cuman 0.15$ apalagi kalo yg diklik ads for link satu klik bisa 0.1 – 0.2$ .


  7. jumat Says:

    Thanks bro, u punyai informasi memang berguna untuk newbie. Tool yang baru u berikan itu belum lagi saya jumpa. Blog saya pula, semasa saya buat research mempunyai nilai klik yang tinggi tapi bila dah dklik nilainya cuma 10 sen saja. Saya x tahu kenapa jadi begini, kalau bro ada idea tolong saya memperbetulkannya.
    Ok
    Tahniah


  8. redaksimajalahku Says:

    trims infomnya aku jadi tambah ngerti


  9. senyum Says:

    kalo saya coba dengan keyword bahasa indonesia kok kebanyakan not found ya? apa ada yang buat lokal indonesia saja? mohon pencerahan


  10. Umar Hadi Says:

    @Senyum: Benar, data rata2 masih untuk niche luar


  11. jakero Says:

    Menurut saya HPK penting tapi coba kita lebih baik konsentrasi pada cara meningkatkan jumlah pengunjung dulu, karena pada prinsipnya banyak pengunjung = banyak uang… betul… salam kenal ya bang.


  12. indo-link46.blogspot.com Says:

    kunjungan di pagi hariii…


  13. panduan bisnis di internet Says:

    berarti kelemahan alat symbiotic adalah belum bisa maksimal untuk mengakomodir keywords ‘dalam negri’ ya mas……ni bagi yg pengen affiliate di indonesia


  14. peremuk Says:

    Artikelnya bagus banget sob….Salam kenal ya..Btw kl butuh pulsa lewat PP mampir saja kekonter kita dijamin pelayanan hebat dan memuaskan dan yang penting nih boleh ngutang loh……..


  15. helmi fauzi Says:

    saya sedang mempelajari tentang HPK untuk meningkatkan pendapatan GA saya. teori yang mas kemukakan di artikel ini sedikit memberikan pencerahan. Mungkin mas berkenan memberikan list HPK tahun ini di artikel selanjutnya..


  16. erwin Says:

    wah mantab gambarnya gan….


  17. klikdavid Says:

    bener juga agak sulit untuk nemukan tools buat katakunci yang HPK gan.


  18. SIDAYU SMART Says:

    Good info..nice post


  19. Jefry Says:

    saya ingin cek harga iklan di google adwords untuk kata kunci sedot wc sebab saya sangat berminat untuk menggunakannya sebagai jalan untuk berpromosi


  20. Artikel Murah Says:

    Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu… Sebuah Blog Tidak Akan Pernah Bagus Jika Tidak Di Dukung Artikel Yang Berkualitas… http://www.okartikel.com


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>