Era Social Media Marketing Optimization

Maraknya situs-situs jejaring social dewasa ini yang berkembang begitu pesat di internet membuat iklim perubahan yang cukup signifikan dalam dunia internet marketing. Tak pelak, biasanya para marketer mengagung-agungkan teknik marketing yang selama ini digunakannya tak mau ketinggalan dengan memanfaatkan tren ini.

Mereka yang biasanya banyak mengandalkan tenaga mesin pencari (search engine optimization) marketing, kini tidak sedikit dari mereka yang beralih menggunakan media sosial ini. Dan di Indonesia sendiri situs berbasis social media ini menempati urutan pertama, dalam hal ini Facebook (ranking Alexa.com).

Maka tak heran orang mulai berupaya keras mengoptimalkan situs-situs komersilnya untuk memanfaatkan situs-situs social media ini dalam usaha pemasarannya. Di situ ada gula, maka di sana ada semut. Anggap saja situs-situs jejaring sosial tersebut adalah gulanya dan semut sebagai orang yang menggunakannya.

Era social media berbeda dengan era-era web sebelumnya. Di era seperti ini memungkinkan interaksi 2 arah lebih sering terjadi, kuatnya aroma humanis membuat social media ini begitu digandrungi, terlebih seperti Facebook yang orang bisa mendapatkan relasi-relasi baru hanya dengan mengklik satu tombol dan konfirmasi dari yang bersangkutan.

Belum lagi kemampuannya yang mampu menghubungkan semua orang di dunia yang memungkinkan seseorang bisa bertemu dengan teman lama dan semua kolega-koleganya. Tentu saja ini menjadi sebuah santapan empuk bagi para marketer untuk memanfaatkan situs jejaring sosial ini dalam kampanye bisnisnya, istilah ngetrendnya adalah social media marketing optimization.

Masih ingat dengan Barack Obama yang sukses melakukan kampanye  ?

Ya, salah satu jurus andalannya yang digadang-gadang paling sukses adalah memanfaatkan situs social media ini. Dengan sukses kampanye ini akhirnya Obama dinobatkan menjadi orang nomor 1 di Amerika dan menjadi bersejarah karena pertama kali pesiden Amerika dinahkodai oleh orang berkulit hitam.

Obama sukses membuat orang simpati padanya dengan keahliannya beretorika. Belum lagi hausnya rakyat Amerika yang pada waktu itu dilanda krisis membuat rakyat menginginkan perubahan. Dan terbukti dengan memanfaatkan situs social media dalam marketingnya seperti Youtube, Flicker, Twitter, Myspace, terlebih Facebook Obama berhasil menggaet pendukung yang tidak sedikit yang pada akhirnya memenangkannya.

Di dunia internet marketing sendiri tidak sedikit orang yang memanfaatkan tren social media ini. Lihatlah para pemilik web-web mulai dari corporate hingga personal mulai berlomba-lomba megintegrasikan webnya dengan situs jejaring ini dan menampilkan fans page di web mereka.

Tentu banyak alasan mengapa mereka melakukan ini. Mulai dari agar para penggemarnya tetap mendapatkan info terupdate, branding, sekaligus menyebarkan efek viral marketing yang begitu dahsyat lewat saling berbagi informasi.

So, pasti jika Anda tidak ingin ketinggalan dengan efek social media marketing yang begitu dahsyat ini, sudah waktunya Anda manfaatkan. Dan jika tidak ada halangan ke depan mungkin akan dibahas lebih teknis seperti bagaimana memanfaatkan social media marketing ini tepatnya membuat fans page (tombol like) untuk situs Anda.

Nantikan…

Nah, jika Anda merasa suka dengan artikel-artikel di blog ini Anda bisa tekan tombol like yang bisa Anda temukan di samping blog ini.

19 Responses to “Era Social Media Marketing Optimization”

  1. ADAbisnis.com Says:

    Sangat disayangkan sekali masih banyak perusahaan2 besar yg mmsih belum mengoptimalkan SMMO ini.. semisal bank-bank tertentu.. sehingga jika ada trouble, tidak ada perwakilan dari mereka yg bs menjawab permasalahan, baik di twitter maupun fb…


  2. Maghfur Amin Says:

    Social Media adalah hal wajib yang harus dioptimasi oleh (khususnya) para pebisnis online dan blogger. Hukumnya sama dengan optimasi SE.

    Nice artikel mas, salam kenal :)


  3. khuzaifah Says:

    Social Media yang paling ampuh untuk saat ini memang Fb dan twitter, namun bagi pebisnis online seharusnya sudah dapat memaksimalkan semua jejaring sosial tersebut yang semuanya secara tak sadar turut mendukung iklim bisnis secara online. Namun tak semua pebisnis mampu memanfaatkan semaksimla mungkin semua jejaring sosial tersebut.Namun perubahan memang sedang terjadi. Artikel informasi yang bagus. Salam Sukses.


  4. Artikel Internet Says:

    Yupz..,saya setuju bang umar..,Sosial media saat ini memang lagi membumi,seperti FB kabarnya telah menambah fitur baruY berupa video live. mungkin sosial media yang lainnya juga tidak mau kalah.trimakasih infonya. Good luck..,salam spirit..!


  5. Bisnis Online Says:

    wah boleh juga ni mas, media sosial yang ramai emang perlu untuk legih di manfaatkan….
    Empuk banget buat pemasaran..


  6. Octa Rendra Says:

    Social Media Memang ga ada matinya!


  7. Pelet Ampuh Says:

    Pendekatan seperti itu…
    memang luarrrr biasa dahsyat hasilnya…!!!


  8. Heru Says:

    Saya setuju dengan artikel ini..
    Sayangnya masih sedikit perusahaan besar di Indonesia yang memanfaatkan media ini..

    Kebanyakan malah perusahaan berkembang dan para celebritis yang memanfaatkan media ini..

    Mantabbbb

    Heru


  9. mr jay Says:

    thanks info dan salam action


  10. kuswan Says:

    setuju Mas Umar…social media memang ampuh untuk bisnis online…


  11. tas wanita Says:

    giman caranya…saya sdh buat acount di fb….tapi blm maksimal….????


  12. pt indonesia Says:

    kalau bisa, mohon diulas lebih datail teknis-nya bagaimana memanfaatkan facebook untuk mendatangkan traffik?

    terima kasih untuk informasi & Motivasi nya pak pada artikel diatas.

    -salam


  13. Daging Bebek Says:

    Setuju…. :D. social media memang g jd trend, sayang klo dilewatkan. ditunggu info selanjutnya… :)


  14. TMJ Says:

    wah mantep neh pencerahannya gan, akan langsung meluncur ke TKP dan berpraktek ria


  15. Adinovi Says:

    Newbe mau simak ..info nya buat jadi refrensi pribadiku


  16. news and story Says:

    Salam kenal,semoga sukses selalu


  17. news and story Says:

    Mampir mas,salam kenal


  18. cara mengatasi ejakulasi dini Says:

    Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil


  19. Mainan Anak Murah Says:

    Masih belum terlalu paham nih tentang social media marketing… ada sumber lain gak yg bisa dipelajari. Pengen banget bisa mengoptimalkan social media untuk penjualan…


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>