Evaluasi Bisnis Internet di Penghujung Tahun 2009

Di sepanjang tahun 2009 banyak hal yang telah kita lalui dalam menjalankan bisnis di internet. Senang, susah, capek stress, riang, menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam perjalanan bisnis. Dengan bergulirnya waktu tersebut, pasti telah banyak pengalaman bisnis internet yang telah kita dapatkan.

Beberapa di antara Anda mungkin mengalami hal ini disepanjang tahun tersebut, yaitu: baru mengenal bisnis internet, baru berani take action, mulai merambah ke model bisnis lain, mendapat uang pertama kali di internet, mendapat penghasilan rutin setiap hari atau bulanan, bahkan mencapai titik yang Anda idamkan.

Apapun dan bagaimanapun kondisi Anda saat ini, Anda perlu melakukan yang namanya evaluasi bisnis internet. Berkaitan dengan momen menjelang berakhirnya tahun ini, nampaknya waktu yang klop untuk melakukan Evaluasi.

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap orang memiliki level bisnis dan model bisnis masing-masing, jadinya evaluasi yang dilakukannyapun juga berbeda-beda.

Sebagai contoh, kalau Anda sebagai publisher program PPC, maka yang bisa Anda evaluasi adalah tingkat kunjungan ke blog, klik iklan perharinya, penempatan iklan yang tepat, dll.

Semua itu bisa Anda perhatikan, jika grafiknya semakin menurun, berarti ada yang perlu Anda benahi. Mungkin bisa memperbaiki konten, menyajikan tipe-tipe postingan yang disukai pengunjung, menaruh iklan yang mendatangkan rasio klik yang lebih tinggi.

Sebaliknya jika grafiknya semakin naik, Anda bisa meleverage dengan membuatkan web serupa, join venture dengan orang yang memiliki produk sejenis.

Kalau Anda seorang web owner, Anda bisa cek tingkat efektifitas kunjungan seseorang dengan rasio pembelian, kekuatan sales letter, banyaknya affiliate yang mempromosikan produk, memeperbaiki strategi promosi dan sebagainya.

Dari situ Anda bisa membenahi dan meleverage jika terjadi kekurangan, bahkan mendongkrak produktifitas bisnis Anda.

Sebenarnya evaluasi bisnis bisa dilakukan kapan saja, entah seminggu sekali, sebulan sekali dan tidak harus menunggu akhir tahun. Tapi setidaknya evaluasi akhir tahun ini perlu kita lakukan untuk melihat tingakat efektifitas dan produktifitas untuk jangka yang lebih panjang (tahunan).

12 Responses to “Evaluasi Bisnis Internet di Penghujung Tahun 2009”

  1. rochmat Says:

    ya benar bang umar.evaluasi perlu tahun 2009 ini saya baru bisa take action. salam action


  2. erwin Says:

    betul sekali pak umar.. kami sedang meliat kebelakang dan sedang mepersiapkan strategi ke depan..

    thx pak


  3. Joko Susilo Says:

    Evaluasi bisnis memang perlu selalu kita lakukan untuk memantau sejauh mana ACTION-ACTION yang dilakukan mendekati target. Namun yang juga tidak kalah penting, bagaimana kita belajar dari evaluasi yang dilakukan dan merancang perencanaan bisnis baru guna menyongsong kegiatan bisnis tahun depan. Salam ACTION!


  4. IHSAN Says:

    evaluasi untuk melihat batu loncatan berikutnya ya?

    setujuuuuuuuuu


  5. Prediksi Bisnis Internet di Indonesia 2010 - Haerudin Says:

    [...] by hae in Dec 26, 2009, under 1 Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2009 dan memasuki tahun baru 2010. Saya yakin peta persaingan bisnis internet diprediksikan akan semakin [...]


  6. Prediksi Peluang dan Potensi Bisnis Internet Indonesia 2010 | Internet Marketing | Bisnis Online | Bisnis Internet Says:

    [...] lagi kita akan meninggalkan tahun 2009 dan memasuki tahun baru 2010. Saya yakin peta persaingan bisnis internet diprediksikan akan semakin [...]


  7. Cara Cari Duit Says:

    Evaluasi bisnis memang perlu untuk memacu motivasi kita untuk lebih giat lagi dalam menjalankan bisnis internet.Jika sebelumnya kurang baik ya paling tidak harus lebih baik dari sebelumnya karena kabar baiknya besok pasti lebih baik.


  8. Putu Says:

    Siang Mas,
    Trims banyak atas infonya.

    Saya ada pertanyaan sbb :
    Bagaimana ya cara mengubah/mengganti IP adrres komputer kita ?
    soalnya saya mau mendaftar 2 kali ditolak saya webnya dengan alasan IP adrres saya sudah ada/sama. Trims jawabannya, saya tunggu lho ….

    Sukses selalu.


  9. 3 Teknik Marketing Spektakuler Bisnis Online Sepanjang Masa yang Telah Teruji Keampuhannya | Internet Marketing | Bisnis Online | Bisnis Internet Says:

    [...] tidak salah tembak, kita bisa melakukan evaluasi bisnis dari kegiatan pemasaran yang kita lakukan, tapi sebelumnya harus ada tes dan uji coba misalkan saja [...]


  10. ejakulasi tahan lama Says:

    Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.


  11. yoedha Says:

    wahh mantab bos..
    lanjutkan.. :) :)


  12. Sriwijaya Air Says:

    saya biasanya melakukan evaluasi bisnis bulanan


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>