Manfaat Memberikan Diskon untuk Prospek Anda

Salah satu teknik untuk meningkatkan konversi penjualan adalah memberikan diskon kepada prospek. Sayang sebagian marketer masih sedikit menerapkan teknik ini, bahkan sebagian merekan merasa “gengsi” ketika menggunakan cara ini, entah karena malu atau merasa takut pamornya akan turun.

Padahal jika mereka menganalisa lebih dalam, memberikan diskon bisa memberikan banyak keuntungan baik itu dari pihak penjual maupun pembeli.

“Lho, bukannya ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai produk ?

” Bagaimana kalau posisi kita sebagai affiliate ?”

Tentu saja sama saja, Anda bisa memangkas komisi affiliate Anda untuk selanjutnya Anda berikan diskon kepada prospek Anda.

Berikut manfaat memberikan diskon kepada prospek :

# Potensi Penjualan Lebih Besar

Tak dapat dipungkiri bahwa dengan meberikan diskon kepada prospek bisa menaikkan potensi terjadinya penjualan daripada Anda hanya memberikan harga normal.

Si Prospek berfikir bahwa kenapa harus membeli lebih mahal kalau yang diskon ada. Jika Anda menengok di Mall atau toko-toko buku, maka Anda akan mendapatkan beberapa replika atau spanduk yang memberikan diskon kepada calon konsumennya.

Tentu saja ini juga akan mempengaruhi konsumen untuk berpaling ke toko-toko yang menawarkan diskon tersebut sekaligus menancapkan di alam bawah sadar mereka bahwa toko-toko tersebut memberikan nilai lebih, dimana kemungkinan untuk terjadi penjualan kembali (penjualan ulang) ke prospek tersebut juga semakin besar yang artinya Anda telah membuat faktor kali secara tidak langsung yang merupakan salah satu kunci suksesnya marketing.

# Membantu dan Memperingan Beban Prospek

Tidak semua prospek Anda adalah orang yang berkecukupan, ada yang berekonomi pas-pasan bahkan tidak sedikit yang kekurangan di mana harga menjadi suatu pertimbangan. Berbeda halnya jika prospek Anda adalah orang berkecukupan, di mana harga bagi mereka bukan menjadi suatu persoalan.

Apalagi produk yang Anda tawarkan adalah produk seputar cara menghasilakan uang di internet dengan cepat dan mudah, tentu bagi mereka khusunya yang berekonomi lemah merupakan peluang yang sangat menggiurkan.

Nah, dengan adanya diskon ini, secara tidak langsung Anda telah membantu dan meringankan beban mereka. Tentu saja dengan cara seperti ini juga akan membuat bisnis anda berjalan lebih awet dan otomatis karena Anda telah mendapat kepercayaan dari prospek tersebut bahwa Anda adalah rekan bisnis yang baik karena telah membantu memperingan beban-Nya.

# Meningkatkan Relasi dan Melipatgandakan Penghasilan

Seperti saya singgung di awal tulisan ini bahwa sebagaian marketer merasa gengsi, malu atau takut pamor mereka akan meredup dengan memberikan diskon ini, kalau saya katakan justru sebaliknya, akan sangat menguntungkan.

Dengan syarat….Selama diskon yang Anda tawarkan bisa menguntungkan kedua belah pihak dan yang tak kalah penting adalah produk yang anda tawarkan benar-benar memberikan manfaat bagi mereka.

Studi kasus seperti ini juga yang saya terapkan ketika memenangi kontes affiliate marketing Dhini Shanti, di mana banyak prospek yang membeli kepada saya dari pada orang dikarenakan saya memberikan nilai lebih dibanding pesaing, bahkan beberapa prospek menjadi langganan setia ketika membeli produk-produk lain yang saya pasarkan.

Bukankah ini melipatgandakan penghasilan ? Yang tak kalah penting adalah terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan, mereka menganggap Anda adalah negosiator yang ulung dan baik.

Kalau owner saja memberikan diskon untuk meningkatkan konversi, kenapa Anda sebagai affiliate marketer tidak mengikutiya !

Kalau pemain besar seperti Gramedia, Toga Mas dan mereka yang berhasil dengan memberikan diskon kenapa Anda sebagai pemain kecil tidak menirunya !

Bagaimana dengan Anda ?

Sudahkan Anda memberikan diskon kepada prospek Anda ?

13 Responses to “Manfaat Memberikan Diskon untuk Prospek Anda”

  1. Beny Aditya Says:

    Kalau menurut saya, lebih efektif kok memberikan bonus ya mas dibanding diskon..

    Alasannya simple saja, kalau kita kasih diskon misal katakanlah 50.000, berarti kita kehilangan 50ribu.

    Sedangkan bila kita memberikan suatu bonus yang nilainya 50ribu atau bahkan 100ribu, bisa jadi kita hanya kehilangan uang 20ribu-30ribu, bahkan bisa jadi tidak keluar uang sama sekali..

    Saya ambil contoh saat mengikuti Seminar Mastering Influence TDW. Di situ pak Tung memberikan studi kasus, mengenai sebuah toko emas yang memberikan bonus payung cantik senilai Rp 42.000 bagi pembelian emas min 2 gram.

    Harga payungnya memang 42ribu, tapi si pedagang emas ini keluar modal hanya 14ribu saja karena beli langsung di pabriknya..

    Tentu saja dibandingkan dengan memberikan bonus diskon yang hanya 14ribu tadi, pemberian bonus payung cantik senilai Rp 42.000,- akan jauh meningkatkan penjualan..

    Kalau di dunia bisnis online ini, mungkin kita bisa berikan bonus berupa produk (bisa buat produk bonus sendiri, misal video tutorial; maupun menggunakan produk Master resale Right)

    Value yang didapat prospek dari produk tsb tentu lebih tinggi dibanding dengan uang yang kita keluarkan..

    Dan kedua belah pihak menjadi semakin diuntungkan..
    Mungkin ini pendapat saya mas..
    Mohon maaf kalau kepanjangan.. =)


  2. Umar Hadi Says:

    @Beny Aditya: Bentuk diskon banyak macamnya, bukan hanya uang cash, bisa spt yg Mas Beny katakan.

    Namun jika penekanannya diskon berupa cash, mungkin mas Beny bisa membaca point kedua.


  3. Edy S Says:

    Apakah program diskon ini nantinya tidak menjadi bumerang, misal kita reseller menjual memberikan diskon, 50% dari komisi, sedangkan calon pembeli akan berpikir kalau saya beli dan jadi reseller kembali akan jual berapa atau kasih diskon lagi berapa?, otomatis dia akan berpikir penghasilannya berkurang?. Apakah ini tidak malah menurunkan minat pembeli?


  4. Aris Kurniawan Says:

    Menurut saya, pemberian diskon berupa potongan harga secara psikologis efektif. Prospek biasanya hanya melihat angka bukan barang (katakanlah ebook atau tips2)sebagai diskon/bonusnya. Keduanya memang sama2 efektif jika prospek berpikir seberapa besar manfaat diskon/bonus tsb untuk dirinya.

    Semangat menjadi affiliate kan untuk memsarkan produk secara kontinyu, disini faktor kali sangat menentukan karena ujung2nya apalagi kalau bukan uang……. đŸ™‚

    Saya jarang sekali menemukan pemasar produk yang memberikan sebagian isi produk (ebook) jualannya ( mengkondisikan prospek agar tertarik dan penasaran untuk membelinya )…… mengapa demikian ya?

    Salam hangat,

    Aris Kurniawan
    http://www.suamisuper.com


  5. Umar Hadi Says:

    @ Edy S: Ini bukan MLM kok Pak yang sebagian komisi di bagikan ke member lain, diskon ini hanya sebagai opsional saja bagi marketer dlm meningkatkan rasio pernjualan. Tentunya orang yang mau memberikan diskon mempertimbangkan untung dan ruginya sebagaimana penjelasan diatas.


  6. Umar Hadi Says:

    @Aris Kurniawan: Banyak kok pak Aris marketer yang memberikan sebagain materinya secara gratis, spt produk:
    Rahasia sukses clickbank. Tentu saja gunanya untuk memberikan gambaran akan materi yg akan dijualnya.


  7. peluang usaha Says:

    Thanks untuk tips nya mas.

    Kalau saya dalam posisi sebagai seorang pembeli, seringkali saya “tergerak” melakukan aksi pembelian saat pas ada diskon.

    Misalnya saya mengidam-idamkan paket hosting tertentu, pas 17 agustus-an, atau menyambut hari pendidikan nasional, biasanya ada diskon utuk domain, pada saat itulah saya biasanya berusaha membeli, walau sebenarnya produk yang saya beli belum terlalu saya butuhkan.

    Cuma memang sebagai seorang pembeli, efek ‘psikologis’ dari diskon atau potongan harga sangat berpengaruh. dan sebagai pemilik produk, justru akan menikmati untung berkali lipat, walau kuntungan per transaksi lebih kecil karena memberi diskon, tapi volume transaksi melonjak beberapa kali lipat.

    Diskon … I love it đŸ™‚ ……


  8. 5 Strategi Marketing Mujarab Agar Konsumen Lebih Memilih Membeli Produk Anda | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    […] saja Anda memberikan harga diskon kepada prospek tersebut atau harga Anda tetap normal asal kualitas produk tetap menonjol daripada yang […]


  9. 5 Strategies for More Consumers Choosing Your Product Purchase « Ivan's Blog Says:

    […] saja Anda memberikan harga diskon kepada prospek tersebut atau harga Anda tetap normal asal kualitas produk tetap menonjol daripada yang […]


  10. Harga Logam mulia Says:

    Update Harga Logam mulia…

    […]Manfaat Memberikan Diskon untuk Prospek Anda | Bisnis Online | Internet Marketing[…]…


  11. koleksi buuku terbbaik untuk pendidikan tinggi Says:

    You could definitely see your enthusiasm in the work you write. The sector hopes for more passionate writers like you who are not afraid to mention how they believe. Always follow your heart.


  12. glutera indonesia Says:

    glutera indonesia

    Manfaat Memberikan Diskon untuk Prospek Anda | Bisnis Online | Internet Marketing


  13. bali prefab gazebos bali style house Says:

    Having read this I believed it was extremely enlightening.
    I appreciate you taking the time and energy to put this article together.
    I once again find myself spending way too much time both reading and posting comments.
    But so what, it was still worth it!


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>