Memahami 10 Filosofi Google

Menarik sekali berbicara seputar mesin pencari ini, seolah-olah tidak ada kata yang habis jika kita mengulasnya panjang lebar. Ma’lum, Google memang menjadi primadona untuk urusan search engine yang waktu demi waktu terus melakukan inovasi-inovasi baru demi memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Sebenarnya apa sih resep kesuksesan Google sehingga dalam perkembangannya melesat begitu tinggi dan jauh meninggalkan rival-rivalnya yang terlebih dahulu eksis ?

Tentu saja ini tak luput dari Filosofi Google itu sendiri yang menjadi dasar kokoh bagaimana menumbangkan rival-rivalnya tersebut sekaligus menebar daya pesona yang memungkinkan orang tertarik dan betah menggunakannya.

Untuk menyegarkan ingatan Anda tentang kelebihan dan keunggulan Google, ada baiknya Anda juga baca postingan sebelumnya, yaitu: Anda bertanya Google menjawab.

Kalau sudah, berikut 10 ringkasan filosofi Google berikut keterangan singkatnya. Mudah-mudahan dengan memahi 10 filosofi Google ini bisa menginspirasi kita untuk bisa kita terapkan pada bisnis internet yang kita geluti.

1. Fokus pada pengguna dan yang lain akan mengikuti

Inilah kunci utama sukses Google, mereka fokus pada pengguna dan bukan hanya mementingkan diri sendiri. Ini bisa dilihat dengan tampilan Google yang sangat sederhana dan jauh dari iklan-iklan atau tulisan-tulisan yang kerap kali menggagu pengguna.

Coba Anda amati halaman awal Google, maka Anda hanya mendapati sebuah kotak form yang memang dirancang khusus untuk para pengguna dalam mencari berbagai informasi di internet.

Google tidak menjual iklan-iklan yang ada pada hasil pencarian (SERP), semua murni adalah meggunakan teknik marketing dalam hal ini adalah (SEO). Dengan cara begini diharapkan hasil pencarian tidak hanya dimonopoli mereka yang berdana saja, tapi Google berbuat seadil mungkin agar hasil optimasi bisa dinikmati semua kalangan.

Dan hanya mereka yang tekun dan bekerja keras serta mengikuti kaedah-kaedah SEO-lah  yang bisa memetik hasilnya. Walaupun begitu, Google tetap memberikan opsi bagi mereka yang berdana dan menginginkan hasil promosi cepat, yakni dengan dimunculkannya program periklanan Google Adwords.

Inipun Google sangat berhati-hati dan  memfilter begitu ketat terhadap iklan-iklan yang ada. Karena hanya iklan-iklan yang benar-benar relevanlah yang akan ditayangkan sesuai keyword yang diketikkan user.

Dan kita sudah melihat buktinya, dengan cara yang sederhana ini Google mampu meraup keuntungan yang sangat besar dari programnya tersebut yang tak lain adalah buah dari upaya mereka yang fokus melayani yang terbaik bagi user. Sebagaimana disebutkan, fokus pada pengguna dan yang lain akan mengikuti.

Ya, memang sebuah filosofi sederhana namun bermakna sangat dalam dan selama ini banyak kita jumpai internet marketer yang banyak melanggar filosofi ini dimana mereka fokus pada penjualan (lebih fokus mementingkan diri sendiri) daripada ke calon konsumen.

Benar begitu ya, hayo…. jangan bohong  :d

2. Yang paling baik adalah melakukan satu hal dengan sempurna

Google tidak memberikan setengah-setengah layanan yang diberikannya. Mereka benar-benar mencari yang terbaik bagi kebutuhan pengguna. Mereka melakukan riset dengan grup yang fokus khusus dibidang penulusaran.

Dengan berbagai masalah kompleks yang dihadapinya, Google mampu memecahkan persoalan yang rumit dan mampu menghadirkan sesuatu yang yang lebih mudah dan sederhana, dan mereka terus melakukan penyempurnaan yang intinya demi memberikan hasil yang terbaik bagi pengguna.

3. Cepat lebih baik daripada lambat

Google memahami begitu berharga waktu para penggunanya. Memang beginilah watak dasar manusia, mereka suka yang berbau cepat-cepat (instan) dan paling tidak suka dengan yang namanya menunggu, apalagi sampai lama.

Tidak usah jauh-jauh, coba tanyakan pada diri sendiri, ketika Anda memasuki sebuah website, kemudian web yang kita akses tersebut loadingnya lambat,  maka apa reaksi pertamakali yang akan muncul ? Pastilah ingin segera meninggalkannya dan beralih ke web lain.

Salah satu alasan orang senang searching menggunakan Google adalah kecepatan aksesnya dalam memberikan hasil yang akurat begitu cepat, mereka memotong bit dan byte pada halaman mereka dan kerapkali memecahkan rekor bukan dengan saingannya, melainkan rekor yang dibuatnya sendiri.

Hemm…dahsyat ya…

4. Demokrasi dalam web berjalan

Kalau ditanya, mesin pencari apa yang menggunakan sistem demokratis ? Maka Google adalah jawabannya.

Bagaimana tidak, mereka menggunakan bantuan para Webmaster, Blogger atau mereka yang memiliki website dalam menentukan suara kualitas suatu website. Dalam artian, semakin bermanfaat konten suatu website, maka biasanya akan banyak pula yang membicarakannya.

Mereka akan memberikan link berkualitas satu arah secara cuma-cuma (natural linking) pada web-web demikian. Google menggunakan 200 sinyal dan berbagai teknik termasuk di dalamnya PR (page rank) dalam penilaian ini.

5. Anda tidak perlu berada di meja Anda untuk mendapatkan jawaban

Google sadar akan style kehidupan manusia terlebih dewasa ini yang begitu mobile.

Untuk itulah Google hadir dengan sebuah layanan seluler Android yang memungkinkan orang tidak terpaku mengakses berbagai informasi hanya dari kantor saja atau tempat tertentu. Melainkan bisa di mana saja dan kapan saja sehingga orang bisa menyelesaikan banyak tugas sekaligus hanya dengan sebuah ponsel.

Tentunya dengan fitur ini akan semakin membantu penggunanya dalam membantu meningkatkan  etos kerja mereka yang lebih mobile.

Bagaimana dengan 5 filosofi Google lainnya ?

Karena terlalu panjang dan agar Anda tidak jemu membacanya, silahkan simak dipostingan berikutnya.

NB:
10 point filosofi Google ini bukan hasil karangan saya pribadi selaku penulis, melainkan dikutip langsung dari sumber  resmi yang bersangkutan. Adapun saya sebagai penulis hanya berusaha memahami, mereview  dan menguraikan apa yang ada agar bisa dijadikan sumber inspirasi.

18 Responses to “Memahami 10 Filosofi Google”

  1. kuswan Says:

    Info menarik, menambah wawasan saya yang masih awam ini. Trims.


  2. ersycom Says:

    Thank’s atas informasinya tentang 10 filosofi Google yg bisa dijadikan sumber inspirasi dlm mengembangkan bisnis online, Q tunggu 5 filosofi Google lainnya, nggak pakai lama y !


  3. toink Says:

    thanks ,,, mas,, berguna banget buat yang newbie spt saya,,, yg butuh support serta pembelajaran seperti google,,, thanks. mas boleh gak saya share tentang ” Bisnis Internet Marketing. Rahasia Top 10 Besar Google
    Memahami 10 Filosofi Google ” thanks…


  4. Lockerz bagi-bagi Hadiah Says:

    Betul mas. Hasil pencarian Google memang memuaskan sekali dan paling Top. Google memang genius.


  5. habibi Says:

    yap mas umar google memang user banget, tau aja kepingin penggunanya apa, jadinya tambah populer terus deh..hehe..saya tunggu 5 nya lagi mas,nice post


  6. belajar internet Says:

    mbah google dilawan…..
    tentu semua itu bisa terwujud dengan kerja keras,,,dan presistensi !!!


  7. Wordpress Template Says:

    melihat dari sisi google ya mas.. nice tips nih..

    target visitor memang harus tinggi..


  8. majikan uang Says:

    thanks infonya nih mantabs dan nambah ilmu,salam action


  9. suryanto Says:

    wah mantap mas hadi,dgn memahami filosofi google ini bisa dijadikan sumber inspirasi,jadi nga bakalan terlalu was was bakalan kehabisan ide…Kulo Kroso Bejo 🙂


  10. Heri Says:

    bagus sekali artikel ini pelan2 saya aplikasikan


  11. ALHIJR ADWITIYA Says:

    iya,,5 hal tersebut mesti Di Action kan Mas…Salam Sukses selalu


  12. advertise Says:

    bravo sih bravo! tapi di bagiin dong ilmunya ki sadrakh!!!


  13. Fauzi Says:

    Waaah, nunggu kelajutannya nih. Trims sharingya.
    Salam


  14. Memahami 10 Filosofi Google (Part II) | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    […] postingan sebelumnya telah dibahas mengenai memahamfi 10 filosofi Google (part I), tapi masih ada yang kurang karena hanya disebutkan setengah saja. Nah, dipostingan ini […]


  15. hitech Says:

    Google’s really top


  16. MindsetBisnisOnline Says:

    Setuju dengan demokratisasi google, jadi web yang ditampilkan tidak saja dimonopoli oleh web yang bermodal besar saja.


  17. Rully Yulian Says:

    artikel yang sangat bagus…


  18. Jefry Says:

    Kalau mau sukses di mesin pencari Google nampaknya kita harus menerapkan filosofu Google sebab filosofi ini adalah standar yang diinginkan oleh Google dalam memberikan sesuatu yang berkualitas dari mesin pncarinya
    Terima kasih atas artikelnya..


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>