Seni Internet Marketing: Cara Menjual Yang Awet

Pada dasarnya setiap manusia di dunia ini telah dibekali dengan kemampuan untuk menjual, bahkan sejak lahirpun kita sudah punya kemampuan itu.

Lihatlah bagaimana seorang bayi yang masih belum bisa bicara merengek-rengek ketika sedang kehausan, dengan cara tersebut, si bayi berusaha menarik perhatian ibunya agar ia mengabulkan permintaannya yakni minta agar di buatkan susu oleh sang ibu.

Cara tersebut merupakan isyarat dan bentuk komunikasi yang menandakan bahwa si bayi menginginkan sesuatu kepada ibunya dalam hal ini minta di buatkan susu.

Bukankah itu adalah cara  menjual yang sederhana ?

Seperti itulah sebenarnya kekuatan dasar kita dalam menjual, bahwa setiap manusia mempunyai ciri khas dan gaya masing-masing dalam menjual. Kegiatan menjual merupakan pekerjaan yang menuntut daya tarik yang sangat erat hubungannya dengan seni.

Di sini dibutuhkan nilai-nilai kedisiplinan yang tinggi dan sebuah jiwa yang tidak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga bisa mengerti akan perasaan pembeli.

John Wanemaker salah satu bapak marketing mempunyai paham service principle menyatakan bahwa: “Berikanlah service yang terbaik, dan kualitas yang bermutu, maka dengan sendirinya pasar akan tumbuh di depan rumah Anda

Dalam dunia internet marketing, kita sering menjumpai iklan-iklan yang menawarkan produk atau jasa dengan cara menjual yang beraneka ragam, ada yang menggunakan kata-kata yang bombastis, ada yang berkoar-koar, ada yang biasa-biasa saja, adapula denga cara yang sangat halus.

Medianyapun bervariasai, mulai dari yang modalnya hanya URL yang diberikan suatu merchant, mengandalkan iklan baris, email marketing, hingga sampai membuat blog.

Apapun medianya…Nggak jadi persoalan, tapi yang pasti jika kita menginginkan hasil yang lebih optimal dan berkesinambungan…Kita harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan pengunjung, karena di sinilah sebenarnya letak kunci marketingnya.

Bukankah pepatah bilang “pembeli adalah raja”

Oleh karena itu layanan yang baik merupakan salah satu kunci sukses bisnis online dan internet marketing, selain itu produk yang bermutu juga menjadi salah satu syarat suksesnya penjualan.

Jangan tabrak terus lari, di mana sering terjadi oleh para marketer, diawal-awal sebelum terjadinya transakasi (pembelian produk), mereka menjanji-janjikan kepada pengujung untuk cepat bisa cepat kaya, mereka menampilkan screen shot rekening yang seolah-olah dari hasil bisnis internetnya, bahkan menampilkan testimional-testimional yang nggak jelas dari mana datangnya, kadangkala juga terjadi ketidaksesuaian antara sales letter yang dijanjikan dengan produk dan layanan yang diberikan.

Inilah yang membuat citra internet marketing indonesia menjadi ternodai, produk yang tadinya bagus menjadi ikut-ikutan jelek dikarenakan munculnya para marketer-marketer yang nggak jelas tersebut.

Hendaknya dihindari setiap kali kita menjual sesuatu dikarenakan pembeli tersebut membeli karena “terpaksa”, atau merasa “tertipu” karena hal itu hanya akan membuat citra kita menjadi buruk dan cepat atau lambat citra buruk yang kita bawa selama ini lama kelamaan akan tersebar kemana-mana dan sudah tentu menghambat keberhasilan kita dalam internet marketing.

Ini tentu menjadi suatu kerugian yang sangat besar bagi kita sendiri, di saat bisnis internet lagi booming-boomingnya, kita malah menjadi penontoan dari luar.

Bahkan akhir-akhir ini muncul tantangan-tantangan keras dari sebagian blogger dengan membuat parodi internet marketing yang ditujukan bagi mereka, khusunya para pemilik produk yang isinya tentu saja menyindir mereka-mereka pembuat produk yang nggak bermutu.

Padahal kalau saya cermati, nggak semuanya demikian, ada yang baik dan ada pula yang memang nggak baik, semuanya tergantung dari sudut pandang mana kita berfikir, dan itu juga tergantung tingkat pemahaman seseorang dalam membeli produk.

Misal saja bagi sebagian orang menganggap produk A adalah baik bagi dirinya karena memang memenuhi kebutuhannya, sedang sebagian yang lain menganggap produk A adalah produk yang nggak berkualitas, karena mereka menganggap produk tersebut sudah tidak mereka perlukan dan memang mereka telah menguasainya (faham).

Inilah yang menyebabkan perbedaan sudut pandang antara satu dengan yang lain sehingga muncul-muncul tantangan-tantangan seperti di atas.

Oleh karena itu saya mengajak kepada rekan netter semua baik sebagai pemilik produk maupun affiliate marketer, untuk bisa besikap kritis terhadap persoalan-persoalan diatas dan tidak hanya menerima begitu saja agar tidak mudah saling menyalahkan antara satu dengan yang lain.

Saya juga menghimbau bagi para owner (pemilik produk/jasa) untuk tidak hanya menampilkan untungnya saja dengan menampilkan sales letter yang nggak masuk akal dan dibuat-buat bahkan sangat berlebihan tanpa melihat realita yang ada.

Begitu juga kepada para pembeli suatu produk, untuk meneliti lebih cermat lagi produk yang akan dibelinya misalkan saja melihat manfaat apa saja yang ia peroleh ketika membeli produknya, biasanya sales letter yang baik adalah menampilkan daftar isi terhadap produknya dan bukannya “membeli kucing dalam karung”.

Produk yang bagus biasanya juga banyak peminat dan banyak yang merekomendasikannya, Anda bisa cek popularitas suatu web dengan mengetikkan di Google dengan mengetikkan “site:produk populer”, maka seketika Anda akan tahu jawabannya.

Konsep seni menjual tanpa pembeli merasa terpaksa atau tertipu adalah mengutamakan kepentingan-kepentingan pembeli dengan jalur berbuat kebaikan kepadanya, sebab dengan cara kita memenangkan pembeli..itu ibarat kita “menanam” baru kemudian kita akan “panen”.

Baik, sekian dulu artikelnya, semoga bermanfaat.

11 Responses to “Seni Internet Marketing: Cara Menjual Yang Awet”

  1. Pebisnis Internet Harus Banyak Menulis | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    […] Dalam dunia internet marketing…kata-kata sama dengan uang, yang mana kata-kata tersebut adalah tulisan itu sendiri, sebuah tulisan yang bisa memberikan solusi bagi seseorang […]


  2. haryadi Says:

    salam kenal…mampir Pak ke blog kami…terima kasih


  3. Etika Bisnis Internet | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    […] orang secara langsung. Ini demi menjaga hubungan yang baik antara penjual dan pembeli sehingga bisnis yang kita lakukan akan berjalan awet tanpa merasa dirugikan antara pihak satu dengan yang […]


  4. Sistem Bisnis: 4 Pondasi Dasar Utama Membangun Bisnis di Internet | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    […] Namun dari sekian banyak cara promosi diatas, ada satu teknik yang sudah teruji dan tidak di ragukan lagi keampuhannya, teknik tersebut dinamakan SEO (Searchengine Optimization). Saya sangat merekomendasikan cara ini jika anda menginginkan kegiatan internet marketing anda berjalan awet. […]


  5. Panduan Afiliasi Thegeniusbiz (Review), Cara Menjual Produk Apapun di Internet Dengan Cepat atau Lambat | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    […] menjual dan mempromosikan produk anda Di sinilah langkah terpenting bagi affiliate marketer, yakni cara menjual dan promosikan produk-produk diatas. Sebagus apapun suatu produk tidak akan berguna kalau tidak […]


  6. gemilang Says:

    salam sukses
    terima kasih kembali untuk bp Umar Hadi
    semoga sukses selalu

    hormat kami
    gemilkang translator


  7. Strategi Pemasaran Produk: Hard Selling VS Soft Selling, Manakah yang Terbaik ? | Bisnis Online | Internet Marketing Says:

    […] kepercayaan (branding) konsumen terhadap sang penjual produk tersebut, yang efeknya untuk membangun penjualan yang awet dan jangka […]


  8. sell Says:

    Saya suka blog Anda, tema Anda adalah indah, bagaimana Anda merancang tema Anda?


  9. Lowongan Pekerjaan Says:

    benar sekali mas umar,dasarnya manusia sudah bisa menjual produk maupun jasa.hanya tinggal dipoles saja


  10. Aisha Penberthy Says:

    I think you should use senuke to rank up your site in Google. I found this video http://youtu.be/VDdiQKOc5Y0 on YouTube that explain how to setup automatic ranking your site in Google


  11. Katlyn Petras Says:

    I figured that the more I play the piano, the smarter I get. You might desire to add it to your website


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>