SEO Contest: Trend Baru Promosi Bisnis di Internet

Maraknya perhelatan kontes SEO belakangan ini nampaknya menjadi sinyal bahwa ajang kontes SEO selama ini yang kita temui di internet menjadi trend dan gaya baru cara berpromosi di internet.

Tak dapat dipungkiri, efek dari ajang kontes SEO ini begitu besar peranannya dalam mendatangkan trafik. Bagaimana tidak, web Anda akan diperbincangkan kemana-mana oleh banyak orang. Dahulu belum terbayangkan kalau ada promosi penjualan yang tak kalah dahsyat kontes SEO ini.

Momentum booming-boomingnya SEO contest seperti ini nampaknya menjadi pemicu pemilik produk ataupun jasa untuk tidak mau ketinggalan dengan ikutan menyelenggarakannya.

Dan yang terakhir ini adalah Negeriads.com sebuah situs jaringan PPC lokal baru dengan topik Negeriads.com solusi berpromosi sebagai kata kunci yang diperebutkan.

Lantas seberapa besar efek kontes SEO dalam mendongkrak trafik dan berapa modal yang dibutuhkan untuk menyelanggarakannya ?

1. Lonjakan Traffic

Sudah jelas dengan mengadakan kontes  SEO akan membuat traffic menjadi naik. Apalagi dengan memberi imbalan bagi orang yeng menyebarkannya. Belum lagi para blogger yang mulai melakukan optimasi dengan menulis artikel yang secara tidak langsung memberi pengumuman yang juga akan dibaca pembaca setia blog mereka.

Tentunya orang yang membacanya juga akan mengunjungi web penyelanggara SEO tersebut dan secara tidak langsung mereka juga melihat iklan-iklan yang ditayangkan penyelanggara tersebut. Anda bisa dapati web-web dan blog-blog yang telah mengadakan kontes SEO ini alexanya melonjak drastis dari sebelumnya.

2. Popularitas & Branding

Selain trafik melonjak, popularitas situs dan orang yang menyelanggarakannya (apabila individu) akan melesat dengan cepat. Sebagaimana disebutkan sebelumnya orang-orang akan berlomba-lomba memeperbincangkan baik dari kalangan kontestan itu sendiri maupun yang bukan.

Mereka akan berbicara kesana kemari dan saling memberi info dari mulai posting di blog, update status di situs jejaring seperti Facebbok dan Twitter,  sampai ke forum- forum. Anda bisa bayangkan begitu cepat dan mudahnya popularitas itu didapat.

Ini tentu menjadi modal yang sangat berharga dalam membangun kepercayaan bisnis di internet karena dengan sendirinya pasar akan lebih mengenal. Dan ini tidak hanya terjadi ketika kontes saja, tapi juga setelahnya karena para blogger telah memberikan review di blognya yang tentu akan terpost selamanya (jika tidak dihapus).

3. Memperoleh Banyak Inbound Link Gratis

Selain poularitas di mata pegguna internet, situs Anda juga menjadi populer di mata search engine. Ya, ini adalah buah tersebarnya inboundlink (backlink) yang telah ditanam oleh peserta.

Enaknya lagi, Anda bisa menentukan spesifikasi kata kunci yang diperebutkan. Misalnya saja Anda menginginkan keyword “internet marketing” sebagai keyword yang diperebutkan, maka tanpa melakukan optimasi SEO offpagepun web Anda melesat sesuai keyword yang Anda ingiunkan.

Atau yang terbaru ini seperti SEO contest Astaga.com dan Negeriads.com dengan mencantumkan nama domain mereka sebagai bagian dari keyword yang diperebutkan. Fungsinya tentu saja agar para peserta lebih banyak merekomendasikan produk atau jasa mereka.

Bahkan persyaratan yang diajukan Negeriads.com tidaktanggung-tanggung, mereka mensyaratkan agar para peserta memasang iklan banner dan menayangkan kode iklan di blog mereka.

Bisa Anda bayangkan, hadiah kontes yang diberikan dengan keuntungan yang akan mereka dapat melalui iklan mereka jauh lebih besar belum lagi ditambah keuntungan-keuntungan sebelumnya.

Dan yang tak kalah dahsyat lagi, selang beberapa minggu atau bulan setelah kontes, biasanya web Anda akan dihadiahi oleh Google berupa penambahan PR, tentunya ini akan mengangkat popularitas web di mata search engine dan Anda memudahkan memenangkan persaingan dalam perebutan keyword apapun.

Bukankah ini strategi promosi yang dahsyat ?

Untuk modal menyelanggarakan kontes SEO sendiri tergantung dari Anda. Berapapun budget yang Anda anggarkan, Anda tetap bisa mengadakan kontes. Tapi konsekuensinya adalah, semakin besar hadiah yang diperebutkan, biasanya pesertanya akan banyak. Sebaliknya, semakin kecil hadiah yang diberikan biasanya pesertanya juga minim.

Bahkan jika kita menengok ke belakang, seorang Blogger yang dengan budget 1.000.000 pun bisa mengadkan kontes SEO dan ada saja pesertanya. Efeknyapun tetap dahsyat, alexa blognya melonjak drastis belum lagi keuntungan-keuntungan yang lainnya.

Nah, bagaimana dengan Anda ?

Apakah Anda tidak tertarik menggunakan strategi marketing yang lagi ngetrend ini ?

Kalau Anda mau menambahkan, silahkan mengisi kolom komentar di bawah yang telah disediakan.

27 Responses to “SEO Contest: Trend Baru Promosi Bisnis di Internet”

  1. 1001 peluang usaha Says:

    wah trik promosi seperti ini sangat bagus tapi setidaknya web/blog kita seblumnya juga harus sudah memiliki banyak pengunjung unttuk melakukan conten seo agar pesertanya juga banyak.

    bagai mana dengan blog baru yang mau menyelenggarakan conten SEO?


  2. ADAbisnis.com Says:

    Betul sekali pak Umar. Sekarang kontes SEO + Review memang cara promosi yang lagi trend.

    Purba Kuncara


  3. tajudin ahmad Says:

    mantap


  4. subhan Says:

    tertarik untuk ikut juga nih..


  5. Lockerz bagi-bagi Hadiah Says:

    Orang sering menyalahkan kondisi ekonomi atau kurangnya dana dari bank sebagai alasan utama kegagalan usaha kecil untuk berkembang. Tentunya bank perlu terus mengalirkan kredit kepada perusahaan dan pemerintah perlu menekan dan menahan birokrasi dan formalitas – tapi, para pengusaha juga perlu mengambil tanggung jawab dan tetap mengemudikan bisnis mereka. Sebuah ide bisnis yang baik memerlukan kerja keras, tekad (dan sedikit keberuntungan) untuk berhasil.


  6. belajar internet Says:

    kontee seo memang bagus untuk dapat menaikkan traffik,,,tapi unutk para pemula seperti saya masih harus lebih banyak belajar dulu.

    maksih infonya,,


  7. Heri Says:

    Terimaksih atasinfonya benar-benar bermanfaat sekali


  8. majikan uang Says:

    memang benar bang umar dengan Maraknya perhelatan kontes SEO belakangan ini nampaknya menjadi sinyal bahwa ajang kontes SEO menjadi trend dan gaya baru cara berpromosi di internet.salam action


  9. Imam Says:

    Artkelnya sangat bagus pak umar, Bravo untuk pak umar


  10. Umar Hadi Says:

    @1001pelungusaha & Anwar: Sebenarnya bukan masalah baru/lama/mahir/tidak, tergantung tjuan dan ada dana, silahkan bisa buat.


  11. Cara Dapat Uang Says:

    kontes yang diadakan mas haryo ini akan semakin membuat situs negeriads.com menjadi populer dimata search engine.


  12. budihardjo Says:

    Pemasaran denngan metode apapun memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
    Namun biaya tersebut tetap dapat di tekan dengan cara se-efisien mungkin.

    Saya sendiri mencampur (mixing) antara usaha online dengan usaha offline.
    Saya berdagang telur burung puyuh dan saya beri BRAND dari secarik kertas kecil dan dibawahnya gambar brand, saya beri tulisan “Kumpulan tips sehat klik http://www.budihardjo.co.cc” dan di dalam web tersebut saya beri gimmick berupa pulsa apabila seseorang sering mengunjungi web saya tersebut.
    dan hasilnya ? Dari rangking Alexa 23jutaan sekarang melejit ke 16jutaan.

    Itu cara saya meng-compare-kan antara usaha online dan offline.
    Ada yang mau NIRU ? Silahakan saja buktikan sendiri.


  13. Baris Iklan Says:

    kalau ikut kontes seo,ada 2 keuntungan yang kita dapatkan
    1.traffic naik seperti yang dikatakan mas umar
    2.back link dan tingkat popularitas web dan pemilik web semakin meningkat


  14. Brian Says:

    Info yang sangat bagus. Keep update Pak Umar…


  15. promosi online internet Says:

    kontes seo merupakan promosi online yang ‘menjanjikan’ juga ya?
    tks infonya mas umar


  16. IT Training & IT Solution Provider Says:

    Posting yang bagus mas umar..


  17. paket ulang tahun Says:

    hmm..betul juga, kapan2 akan kami coba contest seo ini, tentunya dengan hadiah yang menarik..thanks!


  18. Daging Bebek Says:

    Info yang bagus pa… terus berbagi ya… 🙂


  19. bisnis investasi online Says:

    Kira-kira berapa dana yang di butuhkan untuk mengadakan satu buah kontes seo, mohon di jelaskan ?


  20. yanuar Says:

    matur nuwun infonya


  21. telemarketing companies glasgow Says:

    One other major benefit of outbound Telemarketing is that it provides insight and intelligence through the massive numbers of dialogues with prospects that it delivers.
    According to a research it is reflected that companies excelling at lead nurturing are able to generate 50% more sales at 33% lower cost per lead.
    You can block the telemarketing number from calling your home with the slight use of your fingers, simply by using a few buttons on your home phone.


  22. Anne Says:

    Hi there, I enjoy reading all of your article. I like to write a
    little comment to support you.

    Here is my webpage – key man insurance – Anne


  23. phen 375 Says:

    Once you do have a more structured budget in position, speak to your creditors and explain your reason for having monetary problems.
    If you might have already unsuccessfully aimed for debt consolidation
    through all of the methods above, consider contacting a credit counseling organization to repair
    your financial troubles. The 1,3,7-Trimethylxanthine offers you added energy and concentration.

    My web blog – phen 375


  24. yup Says:

    He will try his best to prove that you are wrong and
    he is absolutely innocent. To start with, data recovery Kansas City and Boston data
    recovery services are the types of services that aims to get back all the files and the programs that have
    been lost because of some factors that may have affected the system.
    Normally the keyboard helping in typing text and numbers in several word processors, text editor
    and several other programmes.


  25. visite este enlace Says:

    Great beat ! I would like to apprentice while you amend your website, how
    can i subscribe for a blog website? The account aided me a acceptable deal.
    I had been tiny bit acquainted of this your broadcast offered bright clear concept


  26. Neal Says:

    Hey just wanted to give you a brief heads up and let you know a few of
    the pictures aren’t loading properly. I’m not sure why but I think its a linking issue.
    I’ve tried it in two different web browsers and both show the same results.


  27. booters Says:

    This is the right webpage for everyone who would like to find out about this topic.
    You realize so much its almost tough to argue with you (not
    that I really would want to…HaHa). You definitely put
    a fresh spin on a subject that has been discussed for years.

    Excellent stuff, just excellent!


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>