Sistem Bisnis: 4 Pondasi Dasar Utama Membangun Bisnis di Internet

Semua bisnis internet yang bagus dan berhasil selalu ditunjang dengan infrastruktur dan sistem bisnis yang kokoh. Meskipun ada berbagai sistem dan cara bisnis di internet, setidaknya ada 4 komponen dasar yang selalu menjadi pondasinya.

Mungkin sebelumnya Anda sudah tidak asing lagi dengan sistem bisnis milik bapak Joko Susilo formula bisnis dengan konsep SMUO-Nya yang berarti sistem mesin uang otomatis.

Konsep itulah yang sampai saat ini membuat produk Formulabisnis.com berdiri kokoh disaat bisnis-bisnis lainnya pada bertumbangan. Perlu diketahui bahwa Formula Bisnis telah berdiri sejak 2001 atau kurang lebih telah berusia 9 tahunan.

Sungguh suatu waktu yang sangat panjang untuk suatu ukuran bisnis internet, padahal tidak sedikit para pesaingnya yang belum genap berumur setahun sudah gulung tikar dini.

Ini menunjukkan bahwa konsep sistem bisnis SMUO khusunya Formula bisnis benar-benar teruji. Konsep ini pula yang telah mencetak jutawan-jutawan baru di internet sehingga keampuhan dan kedahsyatan konsep dan sistem bisnis ini sudah tidak diragukan lagi.

Daripada panjang lebar, apa saja komponen 4 sistem bisnis tersebut ?

Jika sistem bisnis SMUO hanya di sebutkan 3 komponen saja dalam membangun bisnis di internet, maka perlu saya tambahkan 1 lagi menjadi 4, apa saja :

1. Produk

Apapun yang ingin Anda pasarkan baik di bisnis internet maupun bisnis konvensional, Anda membutuhkan produk untuk di jual, baik itu produk sendiri maupun produk orang lain (program reseller).

Begitupula mengenai macam produk, bisa berupa produk fisik maupun nonfisik. Produk fisik bisa berupa komputer, handphone, laptop dan sebagainya. Sedang produk yang populer di jual di internet adalah nonfisik (digital) seperti software, script, domain, hosting, ebook dan lain-lain.

Produk-produk ini sangat banyak digemari oleh internet marketer selain mudah pengirimannya juga biaya operasional yang dibutuhkan sangat terjangkau dibanding yang nonfisik.

2. Website

Komponen sistem bisnis kedua adalah website. Setelah Anda mempunyai produk, Anda membutuhkan tempat untuk memajang produk dan jasa Anda. Kalau di bisnis offline bisa di ibaratkan dengan Toko, Showroom dan sejenisnya. Sedang dalam bisnis internet tempat-tempat pemajang produk tersebut adalah website maupun blog.

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu website, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana cara pembuatan website itu sendiri, saya telah meyediakan homepage sendiri di www.membuatwebsite.kuncimarketing.com.

3. Traffik (Pengujung)

Sebagus apapun produk bisnis dan toko online (website) Anda..jika tidak ada yang mengetahui keberadaannya, maka akan menjadi si-sia belaka. Untuk itu Anda membutuhkan pengunjung agar produk yang anda jual laku.

Ada berbagai teknik dan cara promosi di internet untuk mendatangkan pengunjung, bisa pasang iklan gratis, kirim email, beriklan di milis dan sebagainya.

Namun dari sekian banyak cara promosi diatas, ada satu teknik yang sudah teruji dan tidak di ragukan lagi keampuhannya, teknik tersebut dinamakan SEO (searchengine optimization). Saya sangat merekomendasikan cara ini jika anda menginginkan kegiatan internet marketing anda berjalan awet.

4. Konversi (Nilai Tambah)

Produk telah ada, website juga sangat bagus dan pengunjung sudah mulai berdatangan dari berbagai macam penjuru dengan menerapkan beberapa macam promosi di atas.

Sekarang pertanyaannya adalah apakah semua pengunjung yang telah datang tadi benar-benar menginginkan produk dan jasa yang kita jual ?

Di sinilah konversi berperan, dalam bahasa internet marketing-nya lazim di sebut CTR (conversion rate), yakni tingkat kunjungan seseorang dengan tingkat tindakannya melakukan action (pembelian produk/jasa) kita.

Banyak cara dilakukan internet marketer untuk meningkatkan CTR-Nya, beberapa di antaranya adalah memberikan jaminan keamanan alias GARANSI, bisa juga menambahkan testimoni-testimoni dan juga bukti-bukti yang bisa memperkuat dan menunjukkan bahwa produk dan jasa yang kita tawarkan benar-benar bagus.

Baik, sampai di sini dulu artikel untuk topik 4 komponen utama sistem bisnis internetnya, nantikan artikel selanjutnya.

20 Responses to “Sistem Bisnis: 4 Pondasi Dasar Utama Membangun Bisnis di Internet”

  1. admin jaket-kulit.com Says:

    tulisannya banyak link ke sana ke mari jd gak fokus nih pengen buka yg ini itu he…thx anyway


  2. Habib Says:

    Setahu saya SMUO milik Pak Joko membahas 3 komponen saja…tapi Anda menambahnya dengan 1 komponen lg, So…ujung-ujungnya mmg harus terjadi penjualan (konversi)…keren…:)


  3. Umar Hadi Says:

    @ admin jaket kulit: Sebenarnya ada strategi yg sedang saya terapkan, jadi memang agak aneh, nanti kalo sudah stabil akan saya fokuskan lagi artikelnya. Trims

    @ Habib: Sebenarnya di ebook Pak Joko juga ada point terakhir, tapi kurang ditekankan, makanya saya tambahkan sendiri karena itu memang kuncinya


  4. Wawan Purnama Says:

    Ada tantangan menarik buat blogger..Gimana caranya mengkomunikasikan dan memanfaatkan aktivitas bloging untuk perusahaan?..Go Blogger Indonesia!!!


  5. Benny Says:

    Mantab mas artikelnya bermanfaat untuk seorang newby seperti saya..

    Mantab:
    1. Berguna Untuk pemabaca
    2. Untuk search engine (SEO)
    3. artikelnya menjual

    Salam sukses.


  6. irvan Says:

    Yah…thanks. Tambah lagi ilmu saya untuk point nomor 4!


  7. derileo Says:

    hallo mas apa kabar , makasih infonya. o ya mas dikira klo vinefire dibayar tiap bulan ga taunya januari nanti ya. makin mantap aja nih isinya.skali lagi thanks ya


  8. Umar Hadi Says:

    @derielo: Benar mas, yang sabar saja ya…


  9. fauzi rahman (spesialistools.blogspot.com Says:

    makasih banyak yaaa …


  10. anonymous Says:


  11. anonymous Says:

    coba!!!


  12. Membuat Bisnis Internet Berjalan Lebih Otomatis, Hemat Jam Kerja Karena Di Bantu Manusia Dan Mesin Pencari | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    [...] tidak dipungkiri lagi keampuhan sistem bisnis internet yang satu ini, dalam hal ini adalah sistem yang benar-benar telah teruji dan berhasil mengantarkan [...]


  13. 5 Tips Meningkatkan Motivasi Diri Agar Tetap Prima dalam Berbisnis | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    [...] sebab itu, saat Anda menekuni bisnis internet, Anda harus mempunyai tujuan dan sistem bisnis yang jelas. Mengapa harus membuat website, mengapa harus rajin menulis, apa yang dilakukan dengan [...]


  14. pengantar bisnis 1 | Rhinii's Blog Says:

    [...] Pondasi-pondasi dalam usaha membangun bisnis di internet [...]


  15. pulsa murah Says:

    4 komponen yg saling mendukung.tq artikelnya sob.pasti bermanfaat


  16. jaket kulit Says:

    pa aris blog bagus, tlng link my blog, mksh


  17. Ramuan Tahan Lama Says:

    Tentu semua sistem bila digabungkan tentu akan lebih dahsyat lagi,


  18. jaket kulit garut Says:

    [...] sebab itu, saat Anda menekuni bisnis internet, Anda harus mempunyai tujuan dan sistem bisnis yang jelas. Mengapa harus membuat website, mengapa harus rajin menulis, apa yang dilakukan dengan [...]


  19. jaket kulit Says:

    dengan demikian saya juga mulai melirik serius bisnis internet ini insya allah akan membawa berkah :)


  20. badut Says:

    wah ilmu yang sangat bermanfaat
    terimakasih gan


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>