Sudahkah Postingan Anda Konsisten dengan Topik Blog ?

Saat Anda menekuni dunia blogging, maka mau tidak mau Anda dituntut untuk menulis artikel. Dan ini merupakan rutinitas yang tidak bisa Anda hindari jika tidak mau gulung tikar dini.

Dalam menulis artikel untuk kegiatan blogging, sudah seharusnya postingan yang akan Anda publikasikan sesuai dengan topik blog yang Anda bawa.

Mengapa demikian ?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memperhatikan hal ini, di antaranya:

# Fakto Search Engine

Search engine sangat menyukai blog yang kontennya selaras dengan topik. Robot search engine akan menggolongkan blog Anda pada sesuai topik yang Anda tetapkan.

Dengan begitu akan memudahkan dalam merangking blog sesuai permintaan user karena menganggap blog Anda benar-benar berkualitas.

Ini berbeda jika Anda tidak konsisten dalam posting, yang mengakibatkan robot search engine menjadi bingung saat menampilkan hasil karena postingan Anda berisi konten yang campur aduk.

# Faktor Branding

Kalau Anda ingin dikenal kredibel di bidang atau topik yang Anda geluti, blog memang bisa menjadi sarana yang bisa membantu mempermudah jalan Anda untuk mewujudkannya.

Untuk itulah jika topik blog Anda membicarakan tentang sepeda motor, maka postingan Anda juga harus mengulas sepeda motor, meskipun tidak harus itu yang Anda posting, setidaknya Anda bisa mengaitkannya sehingga dengan cara begini Anda tetap bisa konsisten dan kredibilitas Anda dapat dipertaruhkan.

Sebaliknya jika Anda tidak konsisten, hari ini posting dengan cara menggunakan sabuk pengaman saat mengemudi lalu pada postingan selanjutnya Anda posting resep membuat kue, maka sudah bisa dipastikan kredibilitas Anda patut dipertanyakan.

Tidak hanya itu, pembacapun akan merasa janggal melihat perbedaan yang signifikan, lebih-lebih pengunjung setia yang berlangganan newsletter terhadap niche yang Anda geluti, banyak kemungkinan mereka akan pergi dan berhenti berlangganan lagi.

Konsistensi dalam posting sendiri mempunyai beberapa macam, yakni:

Konsisten dalam menulis artikel dengan topik blog, bisa juga konsisten dalam penulisan keyword terhadap topik blog, kalau topiknya sudah ditetapkan membicarakan bisnis internet maka dalam menulis konten harus bisnis internet atau yang masih berhubungan, begitupun dengan yang lainnya.

Dengan begitu akan membuat robot search engine menganggap blog Anda berkualitas karena antara konten dan topik blog relevan, selain itu juga akan membuat pembaca merasa nyaman.

Itulah beberapa point penting yang patut Anda perhatikan dalam setiap posting, silahkan jika mau menambahkan.

Bisa !

21 Responses to “Sudahkah Postingan Anda Konsisten dengan Topik Blog ?”

  1. Edy S Says:

    Mas Umar, konsisten disini tentang tema tulisan atau hanya kata perkata tau kalimat aja ya..???


  2. Umar Hadi Says:

    @Edy: Intinya relevan antara topik blog dengan postingan, selain bagus untuk mesin pencari, pun demikian untuk orang yang membacanya.


  3. nursalim Says:

    mantap mas umar, saya selalu berpikir demikian karena menurut saya blog yg mempunyai posting sesuai dengan tema tentunya akan membawa dampak yang positif jika kita bandingkan dengan postingan blog yang amburadul, tul ga si?

    luar biasa !!!


  4. yustana Says:

    Postingan yang sesuai dengan tema blog akan memudahkan pengunjung untuk tetap fokus mengikuti ‘jalan cerita’ blog. Dan tentunya akan memperbesar kemungkinan visitor untuk kembali datang.

    Posting yang bagus bro.

    Btw, PR nya naik nih… seru juga, berapa lama bro butuhkan untuk meningkatkan PR ini?


  5. Umar Hadi Says:

    @Nursalim: yes benar Pak
    @Yustana: biasanya 3 bulanan Pak, terkadang bisa lebih bisa kurang.


  6. Ajang Says:

    Untuk pemula untuk membuat posting itu susahnya minta ampun apalagi yang tidak biasa menulis seperti saya ini, jadi tulisan masih asal asalan.
    Apa yang membedkan bisnis internet dan bisnis online? saya kira sama saja bisnis yang dijalankan lewat internet.
    Makasih ya atas tulisannya


  7. IHSAN Says:

    waduh klo punya saya gado2

    gimana ya?

    buat blog baru dong? đŸ˜€


  8. tips seo blog Says:

    wah saya konsisten ngak ya topiknya, mudah-mudahan iya..so salam kenal om


  9. arief maulana Says:

    Nice post mas.
    Memang benar yg mas umar hadi katakan, kita mesti konsisten dg tema blog. Alhamdulillah sy bisa, hehehe.

    Sharing sedikit + mo minta pendapat mas umar. Di awal blog sy mengusung hanya tema motivasi dan bisa konsisten disana. Seiring berjalannya wkt sy putuskan menambah tema blog (msh dlm 1 blog) dgn tujuan menambah point branding. Jadi artikel ada beberapa tema, tapi tetep konsisten disitu.
    Bagaimana menurut mas? Ada masukan?

    Trims


  10. Umar Hadi Says:

    @Arief Maulana: Bisa kok Mas, yang penting bisa mengaitkan antara satu dengan yang lainnya dan yg terpenting adalah nyambung.


  11. IGNATIUS Says:

    MAAF GW UDA LAMA TAK BUKA BLOG GW….JADI NGGA PERNAH….UPDATE…DATA…PENGEN BUAT BLOG YANG BARU LAGI…


  12. Umar Hadi Says:

    @Yusbar: Oh sangat bisa Pak, tinggal dikembangkan saja, dan dihubung-hubungkan.

    Misalnya saja mengapa orang begitu termotivasi menekuni bisnis internet ? dll.

    Thx


  13. M Any Rofiq Says:

    Memang benar Pak Umar, bukan hanya robot search engine yang bingung, kita juga dibikin bingung tapi maklum karena mungkin masih belum profesional. Setelah membaca tulisan Bapak ini saya kira akan banyak perbaikan.


  14. wahyu pk Says:

    Maaf Mas Umar saya baru buka email saya dan terima kasih Mas Umar telah memberitahu, saya akan coba merubah postingan yang sesuai dengan tema blog saya, maaf saja saya masih baru/pemula mengenal Internet khususnya mengikuti bisnis Affiliasi karena belum profesi jadi tulisan masih ambur adul. Mohon dibantu dan diingatkan selalu.
    Salam kenal Mas.


  15. Umar Hadi Says:

    @M Any Rofiq: pasti bisa Pak !
    @Wahyu: mari kita belajar bersama, sebisa mungkin akan saya bantu Pak.


  16. Yemmy Dirk Says:

    Hidup ini memang harus konsisten, benar kan Pak. Postingan juga harus tetap konsisten, bicara bisnis harus kembali kebisnis, bicara penambahan ilmu materinya cukup banyak terorinya. Okey.Tulisan Pak Umar selalu bagus. Salut.


  17. syafwan Says:

    kalau banyak kategori tak apa2 kan mas


  18. Umar Hadi Says:

    @ Yemmy: sebenarnya nggak ada ikatan posting yg relevan dg topik blog, kalau kategori banyak nggak masalah asal sesuai.


  19. Umar Hadi Says:

    @ Ma’af barusan diatas adalah jawaban untuk Mas Syafwan. Thx


  20. Artikel Marketing Butuh Suplemen untuk Tampil Lebih Garang | Internet Marketing | Bisnis Internet Says:

    […] mendukung, tata letak kategori, pengumpulan sub-sub kategori pada tempatnya, gambar yang sesuai, konsistensi postingan dengan topik blog, […]


  21. Strategi Bisnis Online Says:

    search engine menyukai blog yang sering di update penggunaan tittle bagusnya selaras dengan domine, itu juga sangat membantu dalam penerapan tahap search engine optimisation, dan juga mengunjungi blog pesaing dan memberikan komentar yang bagus dan bermutu, bukan sekedar pujian tapi betul betul di baca dan di pahami contek tiru dan kembangkan…!

    salam kreatif


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>