Tips Bisnis Jual Beli Website / Blog

Bisnis jual beli website/blog merupakan jenis bisnis internet dengan potensi yang sangat menggiurkan. Bisnis ini bagaikan bercocok tanam di sawah sebagaimana para petani melakukannya atau mereka yang jual beli tanah di dunia offline.

Profitnya memang tidak bisa datang secara langsung karena kita perlu membesarkannya terlebih dahulu sebelum kita menjual dan memetik hasilnya. Ya, sama seperti ladang yang harus dirawat sejak dini hingga benar-benar tumbuh dengan subur lalu bisa kita petik hasil panennya.

Sebenarnya menjual website sendiri merupakan suatu hal yang sangat disayangkan, karena itu merupakan aset virtual sebagaimana bangunan atau toko di bisnis konvensional, apalagi jika web tersebut telah tumbuh besar. Namun karena suatu hal tidak sedikit orang yang menjual websitenya.

Nah, kalau Anda berniat membeli atau menjual website, tips bisnis kali ini akan mencoba mengulas apa saja yang harus diperhatikan ketika melakukan transaksi jual beli website atau blog.

1. Bagi Penjual:

# Layakkah untuk dijual ?

Hal yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri saat Anda mau menjual website Anda adalah apakah web Anda telah layak untuk dijual. Dalam artian, jika web Anda baru seumur jagung seharusnya Anda membesarkannya terlebih dahulu agar nilai jualnya tinggi.

Memang bisa saja Anda menjual di usianya yang masih dini, tapi mungkin profit yang akan Anda dapatkan biasanya sesuai dengan nilai pada web Anda.

# Profitablekah ?

Seperti disebutkan sebelumnya, menjual website yang merupakan hal yang sangat disayangkan, apalagi jika web Anda tumbuh besar. Namun jika itu terpaksa dilakukan, mungkin Anda perlu mengkajinya lebih dalam lagi.

Jika biasanya web/blog Anda bisa menghasilkan rata-rata 3  juta dalam sebulan, kemudian ada orang menawarnya sebesar 50 juta, tentu saja ini tawaran yang bisa menggoda. Dengan jumlah segitu, memang Anda sudah tidak bisa meraih keuntungan rutin 3 juta perbulan dari web yang Anda jual tersebut.

Di lain pihak dengan modal 50 juta dari keuntungan yang Anda dapatkan, Anda bisa menggunakan modal tersebut untuk perputaran demi meraih profit yang lebih cepat. Tentu saja semua butuh banyak pertimbangan, dan masih banyak aspek yang harus diperhatikan.  Semua kembali pada kebijakan Anda dalam menentukan sebuah pilihan.

# Gunakan Metode Lelang

Masih ingat dengan bola yang digunakan pesepakbola dunia David Beckham saat  gagal melakukan eksekusi penalti ?

Ya, gara-gara yang gagal menendang adalah seorang yang sangat populer tidak hanya di dunianya tapi juga di dunia entertaint, selain juga faktor  eventnya yang besar, bola itu akhirnya dilelang dan berhasil membawa keuntungan yang sangat besar, entah berapa juta dollar yang didapat pada waktu itu.

Yang jelas, dengan menggunakan sistem lelang, keuntungan yang akan Anda dapat jauh lebih besar ketimbang Anda menjualnya secara langsung, karena semua orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya dengan harga penawaran saling menjadi yang terdepan.

2. Bagi Pembeli:

# Faktor Trafik (Alexa Rank)

Jika posisi Anda adalah seorang pembeli, maka hal pertama yang harus Anda lihat adalah faktor trafik atau lalu lintas pengunjung. Jika web tersebut memiliki trafik yang besar, sudah pasti web seperti ini akan sangat menguntungkan untuk dibeli. Tapi web seperti ini biasanya juga mempunyai harga yang sangat tinggi.

# Pagerank (PR)

Web ber PR tinggi merupakan buruan para pecinta SEO atau mereka yang suka berburu backlink. Dengan memiliki PR tinggi akan memudahkan memenangkan posisi di SERP dalam perebutan suatu kata kunci.

Dengan PR tinggi ini Anda bisa menjual link di web Anda. Intinya, PR tinggi merupakan kriteria yang wajib Anda pertimbangkan dalam membeli sebuah website.

# Kualitas Konten

Faktor konten ini tak kalah pentingnya dalam kaitannya pembelian website. Tak heran sebagian orang mengatakan: “konten adalah raja”.

Web yang disukai orang ataupun mesin pencari salah satunya adalah kualitas konten. Web dengan kualitas bagus beberapa cirinya adalah web yang mempunyai konten unik, bukan hasil copy paste, bisa memberi solusi atau manfaat bagi pengunjung dan kaya akan informasi.

# Berada di posisi terbaik search engine

Jika web tersebut bisa berada di posisi terbaik search engine dengan salah satu keyword yang sering dicari orang, terlebih sesuai dengan produk Anda, maka sudah sepantasnya Anda membeli website seperti ini.

# Support dengan Web Utama

Terkadang Anda membutuhkan web pendukung untuk menyokong web utama. Misalkan saja, web utama Anda membicarakan tentang otomotif, maka Anda bisa membeli web yang masih berhubungan dengannya, seperti jika web yang akan Anda beli tersebut membicarakan tentang accessories dan spare partnya.

Web seperti ini bisa menyokong web utama Anda dalam memberikan trafik tambahan, sebagai backlink untuk memperkokoh web utama karena mendapat backlink berkualitas yakni dari web yang masih relevan, dan sekaligus sebagai branding karena banyak yang membicarakan.

Itulah beberapa tips dan kriteria yang bisa Anda pertimbangkan dalam jual beli website ataupun blog. Masih banyak hal lagi yang harus dipertimbangkan. Jika memang ada, saya persilahkan Anda untuk menambahkan dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

NB:
Saya mengundang Anda yang ingin jual beli website untuk memberikan data web yang akan diperjualbelikan, kemudian akan di lelang (post) di web ini dan akan dibaca oleh ribuan subsciber web ini dan akan terpasang datanya sampai laku.

Berapa biayanya ?

100% GRATIS.

Walaupun begitu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, apa saja itu ?

1. Web tersebut tidak melanggar hukum-hukum dan aturan yang berlaku di negara Indonesia seperti kontennya yang tidak boleh barbau pornografi, sara, RAS dan sebagainya.

2. Sebelum ditayangkan (lelang) admin berhak menentukan apakah web tersebut layak atau tidak untuk dilelang di blog ini.

3. Alexa rank minimal 700.000 ke bawah.

4. Kirimkan data Webblog Anda ke email: admin@kuncimarketing.com

4. Hal-hal lain yang belum tertulis akan dibahas kemudian.

41 Responses to “Tips Bisnis Jual Beli Website / Blog”

  1. herlina mutmainah Says:

    belum punya web buat di jual, tapi mudah mudahan ke depan ada……


  2. Artikel Internet Says:

    Oke Mr. Umar..,Thanks tipsY…,Entar kalau punya blog Yang sudah memenuhi persyaratan tak lelangY disini. sukses…!
    salam spirit…!


  3. cari uang di internet Says:

    wah oke banget mas…jadi mikir betapa berharganya web itu bila udah besar ya….


  4. ari Says:

    terima kasih infonya,masukan yang bagus sekali untuk mencoba bisnis ini.


  5. mr jay Says:

    mantabs deh infonya and thanks.satu lagi salam action


  6. grandchief Says:

    wow masih sayang dengan blog saya nih mas jadi belum berpikir untuk menjualnya.
    Usia blog saya juga masih seumur jagung :mrgreen:


  7. Sugiana Hadisuwarto Says:

    Pengen juga berbisnis jualbeli blog ato website,namun masih belum ada blog atau webswite yang mau dijual dalam waktu dekat ini. Btw tawaranya sangat menarik mas, suatu saat saya akan masukan data web /blog yang akan saya jual.
    Trims dan Salam sukses.


  8. Saung Tani Says:

    Trimakasih informasinya, nanti saya kirimkan data-datanya.


  9. yudi Says:

    berapa harga blog yang anda tawarkan buat website makasih atas infonya aku bisa telp anda di no hp mana?


  10. Amir Zainuddin Says:

    Terimakasih atas infonya yang sangat bermanfaat. Dengan info2 Anda, pengetahuan saya tentang dunia maya makin meningkat. Saya tunggu info2 berikutnya …..


  11. kuswan Says:

    Trims infonya…tapi blog ama web saya belum layak jual deh kayaknya…mudah2an suatu saat nanti kalau udah besar…


  12. belajar berwiraswasta Says:

    terima kasih atas infonya_tapi kalau blognya gratisan layak dijual nggak ya? menjual blog sama dengan menjual alamat email?


  13. Idea For Scrapbooking Says:

    TIps yang menarik untuk rekans-rekans pebisnis online yang ingin melelang webnya.

    Namun sedikit saran dari saya apabila anda memiliki sebuah website alangkah baiknya apabila anda gunakan untuk pengembangan bisnis dari pada dilelang yang hanya untung sekali.


  14. Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Mamfaat Says:

    bisnis internet memang menggiurkan. apakah sama bisnis jual beli website dengan sedo parking?


  15. Anna Says:

    bagus banget tips nya :) sangat membantu saya


  16. juragan Says:

    Wah mantap nih, ide yang bagus bagi para pebisnis online..


  17. Marisa Says:

    bagus banget bro posting nya tentang hal ini….buat referensi saya…makasih ya..see u hehe


  18. swag lamp Says:

    kalau ada yang mau jual web,boleh email ke ane. ;
    pamungkas72@gmail.com


  19. farhan Says:

    post nya pak umar berkualitas smua..
    saya dah baca web pak umar ini dari 2 tahun yg lalu..

    dan sekarang saya baru mampir lagi,,hehe

    bahkan saya dah hampir lupa sama web ini, tapi ketemu lagi di gugel pas lagi searching..n gugling..

    saya tidak jual web, tapi sedang berusaha memberikanpeluang bisnis bagi para netter smua yg ingin segera merasakan nikmatnya sukses melalui internet..

    salam sukses.
    mari bkerjasama dlm kebaikan

    Farhan
    btw sekrang saya beralih ke blogspot dari web berbayar,,karena alasan tertentu,,;)
    silahkan mampir bagi yg ingin mendaptkan peluang yg jarang diketahui orang.
    saya akan bahas nanti di blog saya.

    bisnispalingmudah.blogspot


  20. fariz Says:

    info yang sangat membantu buat newbie seperti saya , kebetulan saya juga lagi pengen belajar bisnis jual beli webblog, meskipun agak telat .. gapapa lah .. kata orang gada kata terlambat

    terimakasih atas info yang bermanfaat ini


  21. mulai bangkit Says:

    Yupss.. tips yang sangat menarik, tapi ya sayang banget kalo harus dijual.. Investasi masa depan.


  22. Yosie Says:

    Dicari Tenaga “Business Development” Part Time. Penghasilan Minimal Rp.850.000/hari. Kirim Biodata ke yosieyoma@yahoo.com


  23. Aneka Online Says:

    Sempat terpikir untuk menjual blog, tapi setelah dipikir-pikir, kyknya mendingan beli blog aja dech :)


  24. Roadz Chikal Says:

    Nice info.. Kebetulan saya memang pengen jual blog.
    Tapi tidak tau harus di jual sama siapa…

    Bagi yang minat, silahkan interview blog saya: http://gilnk-fb.blogspot.com

    Thanks..


  25. iPascal Says:

    Terima kasih banyak atas artikel nya.
    Salam Kenal http://ipascal.net (Informasi seputar bisnis peternakan dan perikanan).


  26. Samsung Galaxy s2 Unlocked Says:

    kalo blog nya ngga pake TLD bsa ikutan Lelang kaga Gan,…?


  27. togel Says:

    kalau web dengan konten perjuadian di perbolehkan apa tidak ya ?
    tapi bukan untuk jual beli, atau dengan kata lain cuman semacam forum aja.


  28. samsung galaxy s2 unlocked Says:

    wah,.. komen ane blum di jawab juga,
    pasti si agan admin lg sibuk neh,… :-)


  29. laban Says:

    thnks untuk sharingnya . . .

    jadi tambah masukknnya nehh.. hehehhe . .


  30. regia Says:

    Saya pengen beli website, tapi harganya yang terjangkau.
    he 3…Kalo ada info menarik tolong email me. TX


  31. regia Says:

    Kalo saya pengen beli website yang bermesin WP..tapi dengan harga yang terjangkau….kalo ada info menarik boleh donk email saya..tx


  32. debby Says:

    ternyata website bisa di jual belikan juga ya, thanks for share..


  33. erzet Says:

    Numpang promosi, saya mau jual website saya, alexa rank masih 5,443,602, ind rank : 51,360, harga saya buka dari Rp 5 Juta. Kalo ada yang tertarik, bisa kirim harga penawaran via email ke erzet06@yahoo.com


  34. herry murjani Says:

    Permisi, saya mau menawarkan website saya http://www.galerikredit.co.id barangkali ada yang minat. walapun baru tapi traficnya lumayan, rata-rata per hari 100 orang.


  35. nandar Says:

    info yang menarik…
    aq sempet muter-muter cari info yang berkaitan dengan jual beli blog/web… barang kali aku mau jual…

    thankz..


  36. kaos bola Says:

    kaos bola…

    [...]Tips Bisnis Jual Beli Website / Blog | Bisnis Online | Internet Marketing[...]…


  37. jual adwords Says:

    Thanks , I’ve just been looking for info about this subject for a long time and yours is the best I have came upon till now. But, what concerning the conclusion? Are you certain concerning the source?|What i do not understood is actually how you’re not actually much more neatly-liked than you might be now. You are very intelligent.


  38. STR Beli iz Lucana bavi se prodajom voca i povrca na veliko i malo po izuizetno povoljnim uslovima Says:

    You really make it seem really easy along with your presentation but I find this topic to be really one thing that I feel I would by no means understand. It sort of feels too complicated and extremely vast for me. I’m having a look ahead in your subsequent post, I will try to get the grasp of it!


  39. Johan Says:

    Ane sekedar sharing pengalaman ane di jual beli online di marketplace / FJB manapun ane selalu menggunakan rekber atau escrow inapay.com, karena selain aman menggunakan escrow atau rekber bisa meningkatkan trusted point ane thd calon customer, ane share escrow inapay yg selama ini banyak membantu ane dalam jual beli online. https://inapay.com/index.php/procedure


  40. jual beli online keren Says:

    Use inexpensive or free advertising tricks to attract prospective clients for those unskilled Internet
    business tips to earn faster sales revenues. Registered members can
    access information of these deals from your site and
    get low-priced and low-minimum-order products
    to make huge profits with minimum investment.
    The art of selling cars is reduced to a few factors.


  41. TOKO SERBA ADA Says:

    Heya now i’m the first time right here. I found the following panel we still find it definitely practical & the idea solved the problem away a great deal. Lets hope to give a thing just as before in addition to guide other people such as you forced me to be.


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>